by

Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) Gelar Videografi Silat

Awar Al-Batawie
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Tradisi silat atau biasa disebut “maen pukulan” dikenal sebagai ilmu bela diri, salah satunya dari Tanah Betawi.  Hampir setiap kampung memiliki aliran silat yang tentunya berbeda beda antara satu dengan lain.

Silat adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah well known di berbagai belahan dunia dan Pencak silat itu sendiri telah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat betawi. 

Astrabi adalah Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia merupakan wadah yang menaungi perguruan silat dari berbagai macam aliran dan perguruan silat yang tergabung sebagai anggota. Di bawah kepemimpinan Anwar Al-Batawie, Astrabi akan menggelar event besar pada hari Minggu, 1 April 2018 mendatang. Bertempat di Gelanggang Olah Raga Cendrawasih, Jakarta Barat, Astrabi akan di gelar “Workshop Videografi Silat Tradisi” 

Workshop ini akan mengurai dan memberi gambaran tentang seni pencak silat tradisi yang mencakup koreografi, merancang penyajian festival silat, dan penataan komposisi musik. 

Anwar Al-Batawie mengatakan dalam acara ini akan dihadirkan seorang penata musik dan pencak silat tim Indonesia yang pernah ikut serta dalam kejuaraan pencak silat di Belgia dan Thailand. Selain itu akan hadir pula seorang praktisi media televisi nasional,  Yusron Sjarif yang akan membahas materi teknik merekam gambar, editing, dubbing hingga pengisian musik latar. 

Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dan tercatat dalam event besar ini mencapai lebih 30 perguruan silat dengan quota masing-masing anggota 3-5 orang. Bagi anggota diberikan secara cuma-cuma oleh Astrabi. 

“Event ini mendapat respon yang sangat antusias dari para praktisi silat maupun perguruan silat.” Kata Adi Lepay Munif, salah satu penggerak terlaksananya acara ini. 

Anwar mengatakan, tujuan acara ini diselenggarakan bukan hanya mencakup aspek olah raga, mental spiritual, bela diri, dan seni budaya. Pencak silat juga dapat dinikmati dalam pertunjukan sebuah video sebagai keindahan yang tentunya dikemas dalam koreografi yang baik, penataan musik yang padan dan lain sebagainya.

“Acara yang akan dimulai pada pukul 08.00 wib ini hingga H-1 persiapan sudah mencapai 95% pungkas Bapak Anwar menutup pembicaraan bersama radarindonesianews.com via selular.[Nana]

(RS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 20 =

Rekomendasi Berita