by

Australia Turut Serta Sediakan Bantuan Untuk Indonesia Pasca Gempa Aceh

Gempa Aceh, Pidi Jaya.[Hendra/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Australia akan menyerahkan bantuan darurat untuk membantu Indonesia dalam penanggulangan dampak gempa bumi di Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Demikian peryataan pihak Australia melalui siaran pers yang disampaikan ke redaksi radarindonesianews.com, Sabtu (10/12).

Pihak Australia lanjut rilis tersebut akan membantu dengan peralatan untuk kondisi darurat yang disimpan di gudang milik Australia di Jakarta termasuk peralatan esensial rumah tangga seperti tempat bernaung, kesehatan dan pertolongan pertama serta air bersih. Kami akan menyediakan 1.500 paket kebutuhan keluarga, 2.200 terpal dan 100 tenda.

“Kontribusi sebesar 1 juta dollar Australia disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI), sesuai dengan permintaan Pemerintah Indonesia.” Ujar rilis tersebut.

Lebih dari 100 orang meninggal dunia dan 750 terluka dalam gempa bumi, yang juga menyebabkan sebanyak 11.000 orang mengungsi serta menghancurkan 10.500 rumah, termasuk bangunan sekolah dan sebuah rumah sakit umum utama. Dampak keseluruhan gempa masih belum diketahui.

Australia dan Indonesia memiliki sejarah panjang bekerja sama dalam penanggulangan bencana. Kami akan terus memantau situasi di Aceh dan siap untuk memberikan lebih banyak bantuan jika Indonesia membutuhkan.[GF]

Comment