by

Berikut 5 Isu Strategis Pembangunan Yang Mendesak Tahun 2022 Kabupaten Nias

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM ungkap 5 isu strategis pembangunan yang mendesak tahun 2022 dalam forum konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias, Jumat (15/01).

Beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Nias yaitu :

1. Bidang Infrastruktur

a. Masih terdapat kurang lebih 24 desa yang terisolir dan belum dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat;

b. Peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan Kabupaten Nias;
c. Penataan kawasan Ibukota Kabupaten Nias;

d. Penyediaan air bersih dan pengelolaannya di tingkat desa;

e. Pengembangan dan fungsionalisasi bangunan irigasi;

f. Lanjutan pembangunan Kantor Bupati Nias dan DPRD Kabupaten Nias serta Kantor Perangkat Daerah;

g. Peningkatan kualitas hunian masyarakat yang berpenghasilan rendah.

2. Bidang Pendidikan

Peningkatan kualitas tenaga kependidikan melalui peningkatan jenjang pendidikan guru, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan (ruang kelas baru dan meubelair), pemberian beasiswa kepada siswa/I dan mahasiswa/I berprestasi yang berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta milik Pemerintah Kabupaten Nias serta peningkatan Angka Partisipasi Sekolah, Harapan Lama Sekolah dan Rata-rata Lama Sekolah.

3. Bidang Kesehatan

Yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam bidang kesehatan ini adalah peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak, peningkatan kualitas pelayanan puskesmas dan jaringannya, pengalokasian anggaran untuk masyarakat miskin yang mendapat jaminan kesehatan masyarakat, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah kelas D, rehabilitasi puskesmas beserta pembangunan rumah dinas tenaga kesehatan serta manajemen kesehatan masyarakat yang tanggap terhadap wabah penyakit.

4. Bidang Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan

Peningkatan mutu komoditas unggulan daerah (padi,cabe,karet dan kakao), penumbuhan jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK), revitalisasi dan fungsionalisasi pasar semi modern atau tertutup, peningkatan prasarana perikanan tangkap dan budidaya, pemberian bantuan pertanian untuk masa panen dan pascapanen. Untuk kebijakan kepada masyarakat pra sejahtera maka pembangunan rumah tidak layak huni dan pelatihan kepada tenaga kerja akan terus diintensifkan.

5. Bidang Pemerintahan dan Aparatur

Untuk peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya pada pelayanan perizinan dan administrasi kependudukan diupayakan untuk terus ditingkatkan dengan memanfaatkan jaringan internet. Demikian juga untuk pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan transparansi kebijakan perencanaan, penganggaran, panatausahaan serta pengelolaan barang milik daerah.

Kita berharap juga bahwa untuk penguatan pemerintahan desa dalam pengelolaan keuangan desa untuk terus ditingkatkan, sehingga dana transfer pusat dalam bentuk Dana Desa bias meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian desa.

Forum yang berlangsung di ruang serbaguna lantai III Kantor Bupati Nias tersebut tampak dihadiri Bupati Nias, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Sekda, para Kepala OPD dan para undangan lainnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =

Rekomendasi Berita