by

Boy Sadikin Dukung Sikap Anies-Sandi Tolak Reklamasi

Boy Sadikin.[Suroto/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Sikap tegas menolak reklamasi pantai utara Jakarta yang disampaikan oleh Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno, didukung penuh Boy Sadikin. Alasannya, reklamasi tidak berpihak warga kecil.

Sikap Boy Sadikin menolak reklamasi memang beralasan, dirinya tidak ingin pesisir Jakarta kembali dikuasai pihak pengembang. Seperti halnya pada kawasan Ancol dan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, warga tidak dapat menikmati pantai yang seharusnya terbuka untuk umum.

“Reklamasi akan menjadi tempat private, nelayan dan warga tidak akan bebas melintas. Kalau reklamasi dilakukan, otomatis nelayan akan berlayar jauh, sementara saat ini kemampuan mereka hanya 4 mil, jadi dipastikan kalau reklamasi jadi nelayan gagal melaut kecuali pakai perahu besar dengan biaya BBM yang meningkat,” katanya.

Karena itu, Boy menolak rencana tersebut hingga kapan pun, terlebih selama Pemprov DKI Jakarta tidak memperhatikan dan menjamin kelangsungan hidup para nelayan. “Kalau ditawarkan dan dijamin ada akses terbuka bagi siapa saja dan kampung nelayan, di mana di dalamnya ada Dermaga, cold storage, pelelangan dan fasilitas lainnya, usulan untuk reklamasi mungkin akan dipertimbangkan. Tapi kenyataannya tidak,” jelasnya.

Menegaskan pernyataan Boy, Sandi mengaku terheran dengan sikap Pemprov DKI Jakarta yang memberikan keleluasaan kepada pengembang untuk mengelola pantai. Pantai dikomersilkan hingga tidak dapat dijangkau warga kalangan bawah.

“Saya juga sebenarnya agak bingung, kenapa Jakarta yang merupakan Ibukota yang memiliki pantai justru tidak bisa dinikmati oleh warganya. Tiga pantai yang dimiliki Jakarta justru dikuasai oleh pengembang,” katanya.

“Ini agak aneh, karena kalau kita bandingkan dengan negara kapitalis sekalipun, mereka tetap membuka akses pantainya secara gratis kepada umum. Karena itu, kedepannya kita akan buka akses pantai kepada seluruh warga, kita janjikan sarana rekreasi kepada mereka, kita akan buka museum, menjanjikan rekreasi kepada warga,” ujar Sandiaga.[TB]

Comment

Rekomendasi Berita