by

Bupati Nias Resmikan Gedung dan Nama Baru RSUD

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Nama Rumah Sakit Umum Daerah Gunungsitoli Kabupaten Nias resmi berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Thomsen Nias, Kamis (21/01).

Dalam peresmiannya, selain nama baru rumah sakit, juga turut diresmikan gedung baru rumah sakit yang telah siap dikerjakan pada tahun 2020.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu daerah Nias, Tano Niha.

Pada laporannya direktur RSUD Gunungsitoli, dr. Julianus Dawolo, M.Kes menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk peresmian gedung baru sekaligus peresmian perubahan nama RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias,” lapor direktur dihadapan Bupati dan Wakil Bupati Nias serta para undangan lainnya.

Ia menjelaskan, perubahan nama RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias bertujuan untuk memberikan status dan operasional RSUD yang akan datang.

“Pembangunan RSUD Gunungsitoli di biayai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai RSUD rujukan regional Kepulauan Nias dengan 4 tahun anggaran yang di mulai dari tahun 2017 sampai 2019 dengan perkiraan biaya sebesar Rp. 107 miliar (kurang lebih) dan di tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Nias mengucurkan dana sebesar Rp. 6 miliar lebih yang bersumber dari dana alokasi umum,” ungkapnya.

Diakhir laporannya, dr. Julianus Dawolo mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan pembangunan RSUD.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Nias yang telah mempercayai kami dalam proses pembangunan RSUD ini, begitu juga kepada semua pihak yang ikut membantu kami dalam proses pembangunan RSUD ini kami ucapkan terimakasih,” tuturnya berterima kasih.

Usai penyampaian laporan, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM memencet tombol guna membuka tirai nama RSUD dr. M. Thomsen Nias dan disambut tepuk tangan para hadirin.

Mewakili para tokoh, Ephorus BNKP, Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, M.Si. menyampaikan dukungannya atas diresmikannya perubahan nama gedung RSUD Gunungsitoli menjadi RSUD dr. M. Thomsen Nias.

Pada arahan dan bimbingannya Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM menyampaikan sejarah singkat RSUD.

“Rumah sakit ini pertama kali di bangun oleh BNKP bekerjasama dengan organisasi VEM dari Jerman yang di layani oleh dr. Martin Thomsen bersama istrinya yang juga seorang dokter. Dengan perkembangan yang ada kini RSUD Gunungsitoli telah berkembang dan dibangun megah 5 lantai dengan memperoleh kelas paripurna utama dengan dikelola sistem Badan Layanan Umum Daerah Kabupaten Nias (BLUD),” tutur Bupati Nias.

“RSUD dr. M. Thomsen Nias ini telah menjadi rumah sakit kelas C pada tahun 2013 dan pada tahun 2016 menjadi rumah sakit rujukan Kepulauan Nias,” imbuh Sokhiatulo Laoli.

“Seiring berjalannya waktu, rumah sakit ini terus berkembang, sehingga RSUD dr. M. Thomsen Nias menjadi ikon di Kepulauan Nias,” ucapnya.

“Melalui kesempatan ini, kami sampaikan bahwa gedung rumah sakit baru ini telah digunakan dan telah ditempati pasien,” lanjutnya.

Diakhir arahannya, Bupati Nias berpesan jika kedepannya Pemerintah Kota Gunungsitoli mau mengelola RSUD ini maka pihaknya siap menyerahkan.

“Kita berharap dengan nama dan gedung baru ini dapat memberikan semangat baru kepada tenaga kesehatan dalam pelayanan. Jika ke depan Pemerintah Kota Gunungsitoli bersedia mengelola RSUD ini maka kita siap serahkan tapi kalau tidak mau maka kita akan serahkan ke pihak Provinsi Sumatera Utara agar dikelola,” ucap Bupati.

Dikesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Nias itu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung RSUD dalam proses pembangunan dan perubahan nama.

Adapun fasilitas gedung baru yang diresmikan antara lain 140 tempat tidur, 12 poli klinik spesialis, 19 tempat tidur ICU, 1 ruang Hemodialisa dengan 25 tempat tidur, 4 buah kamar operasi dan memiliki besment dengan daya tampung 52 kendaraan roda 4 dan 150 roda 2.

Tampak dari pantauan awak media ini, hadir Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, mewakili Kepala Daerah di Kepulauan Nias, mewakili Kajari Gunungsitoli, Kasdim 0213/Nias, Wakapolres Nias, Sekda Nias, Direktur RSUD dr. M. Thomsen Nias Kepala BPJS Kesehatan Gunungsitoli, Kepala RRI Gunungsitoli, para tokoh, para Kepala Perangkat Daerah di Kepulauan Nias, pimpinan dan anggota manajemen RSUD dr. M. Thomsen Nias serta para undangan lainnya.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =

Rekomendasi Berita