by

Eddy Ganefo Bersama Delegasi Kukuhkan KADIN Indonesia Komite Turki

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA —  Pekan kemarin KADIN Indonesia di bawah kepemimpinan Eddy Ganefo bersama rombongan bertolak ke Istanbul dalam rangka menjalin untuk membangun sinergitas dengan Turki.

Dalam lawatan tersebut, Eddy Ganefo juga melakukan pengukuhan KADIN Indonesia Komite Turki, Minggu (25/9/2021).

Dalam sambutannya Eddy menyampaikan bahwa melakukan kerjasama dan hubungan luar negeri bukan hanya tugas eksekutif, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri saja, akan tetapi juga menjadi tugas bagi masyarakat sipil dan swasta.

“Meski terbentang jarak sekitar 9 ribu kilometer secara geografis, tidak menyurutkan KADIN Indonesia untuk memperkuat hubungan dengan Turki khususnya hubungan dalam bidang ekonomi.” Kata Eddy.

Selain sebagai sesama anggota G20, sambungnya, Turki merupakan negara kunci bagi Indonesia untuk menjangkau pasar Timur Tengah dan Eropa. Sebaliknya Indonesia juga merupakan salah satu negara kunci bagi Turki untuk mencapai pasar ASEAN.

Adapun dalam kaitan dan hubungan perdagangan baik Expor maupun Impor, kedua negara mengalami tren kenaikan setiap tahun. Namun demikian masih banyak ruang dan peluang untuk tumbuh dan bekerjasama dalam perdagangan kedua negara.

Ketua Umum KADIN Indonesia Eddy Ganefo berharap dengan diresmikannya KADIN Indonesia Komite Turki menjadi potensi untuk meningkatkan perdagangan bilateral Indonesia – Turki, bahkan dengan Nigeria dan negara-negara di Eropa Timur.

“Hal ini juga menunjukkan komitmen kami terhadap sistem perdagangan multilateral yang terbuka, adil dan bebas.” Pungkasnya.

Sementara, Ketua KADIN Indonesia Komite Turki M. Alpian Halili yang baru saja dikukuhkan menuturkan bahwa Pembentukan KADIN Indonesia Komite Turki ditahun 2021 juga bertepatan dengan momentum peringatan ke-71 hubungan formal diplomasi bilateral antara Indonesia dengan Turki.

“Turki dan Indonesia adalah dua negara dengan populasi muslim terbesar yang demokratis dan modern.” terang Alpian.

Maka untuk itu, sebagai sub organisasi KADIN Indonesia yang mengurusi hubungan perdagangan wilayah negara Asia dan Eropa Timur, Alpian menginginkan keberadaan KADIN Indonesia Komite Turki menjadi katalisator bagi pengusaha-pengusaha yang berada pada area kerja kami.

Dirinya berharap peluang-peluang yang telah ada akan segera terserap dengan baik dan bisa menciptakan peluang-peluang baru lainnya yang lebih mengakomodir keinginan baik dari pemerintah maupun pihak pengusaha.

Hubungan antara Indonesia dan Turki baik Di bidang perdagangan, budaya, politik, dan sosial ini sudah terbangun erat.

Tentu hal tersebut diharapkan menjadi pintu masuk perdagangan Indonesia untuk wilayah Eropa Timur dan sekitarnya.

“Semoga kiranya KADIN Komite Turki dapat membawa kemaslahatan bagi masyarakat, Bangsa dan Negara” Imbuhnya.

Ikut dalam lawatan KADIN Indonesia ke Istanbul di antaranya Dewan Penasehat Hasnaeni, para wakil ketua umum Nur Kholis, M Mufti Mubarok, Satiti Handini, Jemmy Tumimomor, Andi Junaidi serta beberapa komtap dan staff KADIN Pusat.[]

Comment

Rekomendasi Berita