Elektabilitas Anies-Muhaimin Salip Ganjar-Mahfud di Survei Kompas, Sahrin Hamid: Alhamdulillah

 

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Dalam survei Litbang Kompas yang baru dirilis, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berhasil menyalip Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih unggul di puncak.

Peningkatan elektabilitas pasangan AMIN tersebut direspon positif dari relawan Anies Baswedan. “Alhamdulillah kami tentunya bersyukur bahwa walau secara perlahan. Tapi kesadaran masyarakat untuk memilih pemimpin yang jelas rekam jejak dan prestasinya serta terang visi misinya semakin menjadi pilihan rakyat. Dan itu, hanya ada pada Anies Muhaimin,”ujar Koordinator Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid yang juga dipercaya Juru Bicara Timnas AMIN
di Jakarta (11/12/2023).

Sahrin menyampaikan diakui Anies Muhaimin memiliki keunggulan di masyarakat terdidik dan perkotaan. Berdasakan hal tersebut, maka Tim Anies Muhaimin tentunya menjadikan perluasan basis pemilih Amin agar melebar ke teritori pedesaan dan sektor masyarakat miskin kota.

“Ini tentunya menjadi PR bagi kami Tim Anies dan bagi kekuatan Gerakan Rakyat di seluruh Indonesia lebih lagi melakukan penetrasi teritori dan lapisan grassroot, akar rumput rakyat Indonesia,”ucapnya.

Menurut Sahrin, pemilih bimbang yang mencapai 28,7 % merupakan potensi pemilih AMIN. Mereka ini tak menginginkan politik dinasti, tak menginginkan hukum dikebiri, tak ingin melanjutkan rezim harga pangan mahal dan lapangan kerja susah. Tentunya di sisa waktu yang ada, maka debat Capres/Cawapres, pengetahuan tentang rekam jejak dan visi capres akan menjadi preferensi untuk menghilangkan kebimbangan tersebut.

Dan tak kalah penting kata Sahrin, adalah terkonsolidasinya kesadaran dan gerakan rakyat. Ini lah yang mampu mengalahkan rezim otoriter dan rezim anti rakyat.

“Kami memiliki keyakinan bahwa seiring waktu, maka kebimbangan akan bertransformasi menjadi keyakinan yang lahir dari refleksi kesulitan masyarakat sehingga menjadi api semangat untuk membangun kekuatan rakyat yang terwujudkan dalam bentuk spanduk-spanduk rakyat, pendirian posko-posko tps, dapur-dapur rakyat menjadi alat perjuangan gerakan rakyat merebut kemenangan pada 14 Pebruari 2024 melalui terpilihnya Anies Muhaimin menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam survei Litbang Kompas pada Desember 2023 menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 29 November-4 Desember 2023 itu, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 39,3 persen. Di posisi kedua ada pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan 16,7 persen. Kemudian tingkat elektoral pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tercatat 15,3 persen.

Posisi Ganjar-Mahfud dalam survei tersebut untuk kali pertama dilewati Anies-Muhaimin. Dalam survei-survei sebelumnya, Ganjar selalu berada di urutan kedua. Survei Litbang Kompas juga mencatat penurunan elektabilitas Ganjar secara signifikan.[]

Comment