by

Gempa 6,4 SR Kembali Hantam Aceh Timbulkan Kerusakan Parah

Warga terluka akibat gempa yang terjadi subuh, (7/12).[Hendra/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANES.COM, ACEH – Aceh kembali dirundung duka. Sekitar pukul 05.00 WIB, Provinsi Serambi Mekah ini diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter.Gempa 6,4 SR  Rabu (7/12/2016). Peristiwa terjadi sebelum azan subuh berkumandang.

Jalan terbela akibat gempa berkkekuatan 6,4 SR

Gempa yang lumayan besar tersebut menimbulkan kerusakan dan wilayah paling parah akibat gempa ini adalh di  Kabupaten Pidie Jaya
(Pijay) yang merupakan kawasan pusat gempa dengan kedalaman 10 Km.



Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 05:03:36 WIB dengan kekuatan M=6.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 5.19 LU dan 96.36 BT, pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi hampir dirasakan di seluruh wilayah provinsi Aceh dari Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhosumawe, Meulaboh. Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Banda Aceh dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak, bahkan beberapa warga berhamburan ke luar untuk menyelamatkan diri.


Terkait dengan peristiwa gempabumi Aceh yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 05:30 WIB, sudah terjadi 5 (lima) aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah Banda Aceh – Pidie Jaya dihimbau agar tidak terpancing isu tsunami karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, terjadi di darat.

Menurut
relawan komunikasi RAPI Aceh menyebutkan, kerusakan yang sudah terdata
sementara di Pijay antara lain SPBU Ulee Gle rusak parah. Selain itu, gempa juga menghantam kubah Masjid Muko Kuthang Ulee Gle. Sebuah toko juga dikabarkan hancur.

Gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Ricter yang terjadi di Pidie, Aceh itu juga mengakibatkan jatuhnya banyak korban lebih dari 100 orang luka -luka dan meninggal di Pidie sebanyak 18 orang, Merdu, 5 orang, Bandar Baru, 2 orang, Bireun, 2 orang. Adapun bangunan rusak sebanyak 102 baik ringan dan berat.

Hendra, koresponden radarindonesianews.com di Aceh memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia agar diberi kekuatan menghadapi musibah ini.[GF]

Comment