by

Kelurahan Sawangan Depok Gelar Sosialisasi Pelatih Poktan PKDRT dan Satgas 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK — Guna meningkatkan kualitas dan kompetensi para kader pembinaan Kelompok kegiatan (Poktan) dan Pencegahan kekerasan Rumah Tangga (PKDRT) di Kelurahan Sawangan, Jalan Abdul Wahab Kota Depok, Kamis (16/7/2022).

“Pelatihan diberikan kepada anggota Satgas dan Poktan PKDRT untuk meningkatkan kompetensi dalam upaya menjalankan tugas di wilayah.” kata Julfah, Sekretaris Kelurahan Sawangan, usai acara.

Dalam kegiatan ini hadir Narasumber dari Dinas Perlindungan Anak  Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok serta 40 anggota dari Poktan dan Satgas setempat.

Julfah menambahkan, melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi acuan dan sebagai ilmu untuk para anggota melaksanakan tugas pokok dan fungsi Satgas dan Poktan PKDRT.

“Semoga ilmu yang didapat dalam pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan mereka.” Ujarnya.

Dengan pragram ini, Julfah berharap tidak ada lagi kejadian atau peristiwa Kekerasan Rumah Tangga khususnya di Wilayah Kelurahan Sanwangan.

Sementara itu Nara sumber Dokter Mamik Juwiarti mengatakan, tujuan pencegahan KDRT ini adalah usaha bagaimana supaya tidak terjadi yang namanya kekerasan Rumah Tangga (KDRT)

“Di sini sudah ada poktan, PKDRT, itu supaya beliau nanti bisa menjalani tugasnya, membantu masalah-masalah KDRT yaitu melaporkan ke UPT ke perlindungan perempuan. Kalau masalah kekerasan Rumah Tangga tidak diselesaikan degan baik, nantinya sikorban merasa tidak berguna masa depan.” ungkapnya.

Lanjut dia, oleh karenanya sebagai Pemerintah membantu mensosialisasikan untuk menyelesaikan di tingkat RT dan RW

“Yang urjen jika ada kekerasan Rumah Tangga jangan diumpet -umpetin segera laporkan kepada yang terkait.” Imbuhnya.(GI)

Comment