by

Kopaska TNI AL Lakukan Simulasi Penyergapan ke Teritorial Musuh

Foto/Harto/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Satuan khusus TNI Angkatan Laut (AL) Komando Pasukan Katak (Kopaska) menunjukkan simulasi teknik mendarat untuk menyerbu wilayah teritorial musuh di Kompek Koarmabar I Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (7/8/2017). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT TNI ke-72.
Komandan Kompi Markas Kopaska Capt Laut (P), Edy Tirtayasa mengatakan anggotanya melakukan teknik simulasi over the beach operation yang biasa digunakan saat melakukan operasi militer menyerang teritorial musuh. “Ini merupakan operasi infiltrasi pemancing pasukan Kopaska untuk mengetahui kondisi teritorial musuh yang belum dikenal,” ujar Edy, di dermaga Koarmabar I Pondok Dayung, Senin.
Ia menyebutkan kegiatan yang dilakukan orang-orang terpilih itu merupakan operasi senyap mengintai target wilayah musuh. “Apabila diketahui musuh, maka operasi militer dibatalkan dan seluruh pasukan kembali ke pangkalan,” katanya.
Kopaska merupakan pasukan elit TNI AL yang memiliki kemampuan layaknya torpedo. “Sebelum berkembangnya teknologi torpedo, pasukan ini berperan menyerang pangkalan musuh. Jika terdeteksi musuh, lebih baik kita mati di lokasi asalkan banyak korban di pihak musuh,” tuturnya.
Dalam kesempatan itu, pasukan Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) juga menunjukkan teknik melakukan penyergapan dan memadamkan api di atas KRI Tjiptadi 381.
Komandan KRI Cut Nyak Dien 383 Letkol Laut Pantun Ujung mengatakan pihaknya melakukan simulasi pemeriksaan kapal yang diawaki teroris dan simulasi pemadaman kebakaran yang disabotase musuh. “Kapal ini bertugas mengamankan wilayah perairan sisi Barat dan dilengkapi torpedo dan meriam,” ujar Pantun.(hrt)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 4 =

Rekomendasi Berita