Lembaga Rohmatul Ummah Gelar Kegiatan Majelis Mu’allimil Qur’an 

Bekasi, Daerah353 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA–  Lembaga Rohmatul Ummah melaksanakan kegiatan Majelis Mu’allimil Qur’an (MMQ), Senin (12/6/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an jamaah Lembaga Rohmatul Ummah. Acara yang berlangsung selama 2 jam 50 menit ini bertempat di masjid Al Muhajirin Sektor V Pondok Ungu Permai, Bahagia, Babelan, Bekasi Utara, dengan dihadiri 146 jamaah.

Sembari menunggu acara dimulai, Ustadzah Lustita Paputungan membacakan surat Arrahman. Acara ini dipandu oleh Ustadzah Renamay Puspitasari dan Ustadzah Neneng Hasanah. Keduanya merupakan jamaah lembaga Rohmatul Ummah angkatan pertama.

Acara ini dibuka dengan membaca basmalah dipandu oleh MC acara, dilanjutkan dengan pembacaan Ayat suci Al Qur’an oleh Ustadzah Nurul Zuliana, Ustadzah Rina Fitriani dan Ustadzah Siti Mu’azizah dengan tasmi’ bil ghaib surat Al Baqarah ayat 154-169. Tasmi’ ini disimak oleh seluruh jamaah yang hadir pada acara tersebut.

Kemudian sambutan ketua panitia pelaksana yaitu Ustadzah Mila Amelia. Dalam sambutannya, Ustadzah Mila menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena antusias jamaah lembaga Rohmatul Ummah, baik itu dari lingkup lembaga pusat Rohmatul Ummah maupun lembaga cabang lembaga Rohmatul Ummah yang tersebar di berbagai tempat wilayah Pondok Ungu Permai.

Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh ketua umum Lembaga Rohmatul Ummah, ustadzah hj.Helva Yetti. Sebelum mengkaji bahasan pokok materi MMQ, Umi Eva (panggilan ustadzah Helva Yetti) mengajak jamaah untuk membaca doa pembuka, doa itu antara lain :

1.Pujian kepada Allah SWT dan salawat kepada Rasulullah Saw.

2.Tawasul kepada Baginda Rasulullah Saw, Romo KH Arawani kudusiy selaku pencipta kitab Yanbu’a, selanjutnya kepada ustadz kami Kiyai Husnur Rofiq bin KH. Ahmad Marzuki.

3.Membaca nadom kalamun qodimun.

4.Membaca salawat Busyro.

Tidak lupa Umi Eva membenarkan irama bacaan nadom jamaah apabila belum seirima.

Setelah rangkaian pembuka pelajaran selesai, Umi Eva memberikan materi dengan bahasan makhorijul huruf. Umi Eva menjelaskan bahwa makhorijul huruf terbagi menjadi 5 yaitu

1. Al jauf (rongga mulut) adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah yang terletak pada rongga mulut misalnya alif ( ا ), wawu mati ( و ) dan ya’ mati (ي).

2. Al halqi (tenggorokan) adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah dari tenggorokan, Al halqi dibagi menjadi 3 bagian yaitu

A.pangkal tenggorokan hurufnya (ء),( ه )

B. Tengah tenggorokan hurufnya (ع, ح,)

C. Atas tenggorokan hurufnya adalah (غ، خ)

3. Al lisan (lidah) adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah dari lidah, hurufnya yaitu (ق),(ك),( ج ),( ش ), ( ي ), ( ض ), (ل),(ن),(ر),(د),(ت) (ط),(ص),(س),(ز),(ظ),(ث),(ذ)

4. Asy syfatain adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah dari kedua bibir contohnya ف,م,ب و

5. Al.khoisyum adalah tempat keluarnya huruf hijaiyah melalui saluran hidung, hurufnya yaitu م dan ن

Kemudian, Umi Eva membuka buku makhorijul huruf Yanbu’a halaman 8 dengan irama yang umi Eva contohkan. Ditengah memberikan materi, Umi Eva menunjuk beberapa jamaah untuk melafalkan makhorijul huruf yang telah Umi Eva contohkan tadi.

Sebelum menutup acara, lembaga Rohmatul Ummah memberikan reward kepada jamaah yang tadi sudah ditunjuk untuk melafalkan makhorijul huruf, disusul donatur lembaga Rohmatul Ummah Ustadzah Rini Susilowati dan Ustadzah Lustita Paputungan juga memberikan reward kepada para jamaah yang ditunjuk tadi.

Terakhir, sebagai penutup Ustadzah Umi Sri Yeni Nuraeni membaca doa, semoga pada MMQ kali ini di ridai dan mendapatkan berkah dari Allah Swt. Aamiin ya rabbal alamiin.[]

Comment