by

Makorem 083 Gelar Sosialisasi Aplikasi Puldata Intelijen Teritorial

RADARINDONESIANEWS.COM, MALANG – Korem 083/Bdj menerima Sosialisasi Puldata Intelejen Teritorial dari Pusterad (Pusat Teritorial Angkatan Darat) oleh Letkol Inf Andian Adek bertempat di Aula Makorem 083/Bdj Jl. Bromo No 17 kota Malang,  Senin (11/9/2017). Kegiatan Sosilaisasi tersebut ikuti oleh 50 orang perwakilan dari masing-masing Kodim Jajaran Korem 083/Bdj.
Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Inf Bangun Nawoko yang di Wakili oleh Kasrem 083/Bdj Letkol Inf Sugiyatmono menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Pusterad di Makorem 083/Bdj yang telah meluangkan waktunya dalam memberikan materi Bimbingan Puldata Inteljen Teritorial kepada Para Prajurit TNI jajaran Korem 083/Bdj.
Korem 083/Bdj dan jajarannya adalah Satuan Komando Kewilayahan yang sangat erat kaitannya dalam rangka pembinaaan wilayah sebagai Pertahanan Negara yang harus mengerti dan menguasai tentang Tugas-tugas Teritorial pada pelaksanaan di Lapangan sesuai bidang masing-masing untuk lebih siap dalam menghadapi perkembangan dinamika sosial, serta tantangan tugas ke depan yang tidak semakin ringan.
Pada kesempatan ini Letkol Inf Inf Andian Adek selaku ketua Tim dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kedatangan Tim Pusterad ini adalah untuk Pengumpulan Data Intelter Rahwan Konfliks/Rahtas dan Analisa Data Intelter. Kegiatan dilakukan dengan pengambilan data dari beberapa sumber yaitu masukan tentang keadaan Wilayah Korem 083/Bdj yang terdiri dari Geografi, Demografi dan kondisi sosial serta Analisa Daerah Oprasi untuk selanjutnya didiskusikan dan hasilnya akan dilaporkan ke pimpinan dalam rangka menetapkan langkah selanjutnya yang lebih baik. 
Lebih lanjut Ketua Tim mengatakan diera tehnologi modern ini kita harus dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan Pusterad telah memanfaatkan tehnologi ini untuk memudahkan pelaporan aparat teritorial yaitu aplikasi Puldata Intelter. Kunci dari kegiatan ini adalah operator, Pasiter Kodim, Danramil dan Babinsa karena merekalah yang bekerja langsung dilapangan.
keberhasilan TNI AD saat ini dapat dilihat dari kegiatan pembinaan teritorial (Binter), karena kegiatan Tempur sudah jarang dilaksanakan, keberhasilan Binter tidak terlepas dari tiga hal yaitu kegiatan Intelijen, Binter dan Penerangan. Dari ketiga kegiatan ini saling berkaitan, yaitu Intelijen sebagai sumber Informasi, Binter pelaksana kegiatan dan Penerangan sebagai publikasi untuk dapat diketahui oleh masyarakat luas, “jelasnya”.
Melalui kegiatan ini, seluruh aparat Kowil diharapkan mampu melaksanakan tugas-tugas kewilayahan secara professional dan proporsional agar segala bentuk permasalahan yang timbul di wilayah dapat segera diantisipasi dan dicegah sedini mungkin sehingga tidak berdampak luas dalam kehidupan masyarakat. (Penrem 083/Bdj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

Rekomendasi Berita