Meiman: Kami Diberikan Kemudahan, Tidak Ribet, Terimakasih BPJS Kesehatan

Daerah, Kep. Nias212 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Berkat hadirnya pelayanan optimal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Meiman Zebua (ayah) dapat bernafas lega lantaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) milik anaknya (5 bulan) yang tengah rawat inap di Rumah Sakit Umum Bethesda, Gunungsitoli telah aktif.

Meiman menceritakan, ia baru mengetahui bahwa anak ketiganya yang telah rawat inap sejak Jumat (15/3/2024) malam, belum tertanggung dalam program JKN. Dengan sigap ia berkoordinasi dengan petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit (Petugas BPJS Satu) sembari melakukan pengurusan data identitas kependudukan anaknya agar kepesertaan JKN-nya bisa diaktivasi dan digunakan.

“Dalam situasi ini saya sempat khawatir karena anak saya belum terdata dalam program JKN. Apalagi biaya selama berada di rumah sakit, pasti biayanya sangat besar,” ujar Meiman kepada radarindonesianews.com, Senin (18/3/2024).

Ayah tiga anak, dari Desa Hilina’a, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli itu akhirnya dapat lega saat petugas BPJS Kesehatan Gunungsitoli menyatakan jika JKN anaknya telah aktif. Sehingga biaya pengobatan anaknya dapat ditanggung penuh oleh Program JKN.

Ia menambahkan, petugas BPJS Satu yang selalu sedia dihubungi untuk keperluan konsultasi memberikan kemudahan akses informasi pengurusan administrasi kepesertaan membuatnya memahami langkah yang perlu ditempuh dalam pengurusan administrasi kepesertaan JKN anaknya.

“Siang ini saya dapat kabar yang sangat menggembirakan, JKN anak saya sudah aktif. Saya sangat bersyukur dengan pengurusan administrasi kepesertaan yang tidak berbelit-belit, kami bisa merasakan manfaat hadirnya program JKN ini,” tutur Meiman bahagia.

“Kami diberikan kemudahan, tidak ribet. Terima kasih BPJS Kesehatan,” lanjutnya meluapkan rasa bahagianya.

Petugas BPJS Satu (BPJS Siap Membantu) adalah petugas yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN mendapatkan layanan di rumah sakit. Petugas ini bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit.

Petugas BPJS Satu merupakan satu dari beragam kanal layanan yang disediakan BPJS Kesehatan guna menghadirkan kemudahan akses layanan bagi peserta dalam memperoleh informasi seputar Program JKN, menyampaikan pengaduan, hingga pelayanan administrasi kepesertaan, di antaranya BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), Aplikasi Mobile JKN, dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), BPJS Keliling, dan Pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Di akhir ceritanya, Meiman berharap program JKN ini dapat terus berlangsung dan memberikan dampak yang lebih luas lagi bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Hal ini penting guna memastikan tersedianya akses pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau semua lapisan masyarakat.

Meiman juga mengajak masyarakat ikut serta berperan aktif dalam mendorong terwujudnya Program JKN yang berkesinambungan melalui kesadaran pembayaran iuran tepat waktu (maksimal tanggal 10 setiap bulannya).

Selain menjadi kewajiban, hal tersebut merupakan bentuk kontribusi bersama dalam menghadirkan akses pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

“Jika program ini tidak ada, mungkin kedepannya kami akan terlilit hutang, belum lagi untuk mencukupi biaya kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu saya mengajak, dengan azas gotong royong mari kita membayar iuran BPJS Kesehatan, jangan menunggak. Banyak nyawa yang membutuhkan kontribusi kita,” harap Meiman mengakhiri.[]

Comment