by

Menlu Julie Bishop Resmikan Kedubes Australia Yang Baru Di Jakarta

Julie Bishop saat resmikan Kompleks Kedubes Australia yang baru.
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Bagi kedubes Australia, hari ini merupakan hari yang paling penting terkait telah diresmikannya Kompleks Kedutaan Besar Australia yang berkedudukan di Jakarta. Kompleks Kedubes baru tersebut diresmikan oleh Menlu Australia, Julie Bishop, Senin (21/3) dengan didahului penampilan budaya tari topeng Betawi.

Kompleks Kedutaan Besar Australia yang baru ini merupakan yang terbesar yang dibangun Pemerintah Australia sebagai indikasi dan cermin kedalaman hubungan antara kedua negara.

Konstruksi Kompleks Kedubes baru di Patra Kuningan, Jakarta Selatan ini  mencakup gedung perkantoran lima-lantai, akomodasi untuk beberapa staf Kedubes, serta pusat rekreasi dan kesehatan seluas lebih dari 50.000 meter persegi. 
Kompleks Kedubes ini dibangun oleh perusahaan RI Total Bangun Persada yang bermitra dengan Leighton (Asia) dan terus memberi sumbangsih positif pada ekonomi setempat. Selama pembangunan Kedubes mempekerjakan hingga 2.500 pekerja yang berada di sekitar lokasi. Pemerintah Australia juga memperbaiki infrastruktur di area sekitar kompleks.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan Kedubes baru ini menandai perluasan jejak diplomatik Australia yang mencakup Konsulat-Jenderal di Bali dan kantor perwakilan lain yang akan segera dibuka di Makassar.

“Kedubes ini memperlihatkan hal terbaik dari rancangan inovatif dan teknologi canggih Australia yang memanfaatkan sebaik-baiknya lingkungan hidup Indonesia sementara meminimalisasi dampak terhadap sumber air dan energi setempat,” kata Dubes Grigson.

Kompleks Kedubes menggunakan teknologi sumber daya rendah seperti menampung dan menggunakan air hujan serta sistem pemanasan air tenaga surya. 

Perencanaan dan pengelolaan lanskap besar-besaran termasuk pemindahan empat pohon beringin tua juga dilakukan selama proses pembangunan. Pemindahan ini merupakan yang terbesar yang pernah dilakukan dan telah diakui oleh Indonesian Guinness Book of Records, serta menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pilihan warna-warna khas di Kedubes mewakili kekayaan mineral Australia seperti tembaga, seng, kuningan, serta baja dan aluminium. 

“Kompleks Kedubes Australia tidak hanya membuktikan desain kreatif dan inovasi kreatif Australia, namun juga contoh nyata kemitraan pembangunan Australia-Indonesia yang sangat berhasil,” tutur Grigson.
Tampak dalam peresmian tersebut para petinggi Indonesia seperti BJ.Habibie, Irman Gusman dan tokoh agama. [GF]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − thirteen =

Rekomendasi Berita