by

Pemerintah Kabupaten Nias Serahkan Nota Pengantar LKPJ Kepada DPRD

 

 

RADARINDONESIANES.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias menyerahkan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada DPRD Kabupaten Nias, bertempat di ruang rapat persipura DPRD Kabupaten Nias, Senin (28/3).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Alinuru Laoli bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo dan Ameyunus Zai.

Kepada para peserta rapat, Ketua DPRD Kabupaten Nias mengungkapkan jika rapat paripurna tersebut telah memenuhi kuorum serta membuka rapat paripurna.

Dalam pidatonya, Bupati Nias, Ya’atulo Gulo mengatakan, menyampaikan LKPJ Bupati Nias merupakan kewajiban konstitusional yang harus disampaikan setelah berakhirnya Tahun Anggaran yang mencakup pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“LKPJ ini dimaksudkan untuk memenuhi akuntabilitas kinerja pemerintah sebagai wujud kewajiban kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintah di daerah, dengan tujuan untuk mengevaluasi hasil capaian kinerja pemerintah daerah sebagai bahan dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk tahun berikutnya,” tutur Bupati Nias.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sampai akhir tahun 2021 masih terdapat beberapa kekurangan yang memerlukan perhatian.

“Beberapa kendala yang dihadapi pada tahun 2021, pada dasarnya tidak lepas dari perubahan lingkungan strategis eksternal penyelenggaraan pemerintah daerah, yang terjadi di luar asumsi dan kendali kebijakan pemerintahan daerah antara lain timbul dari penyesuaian kebijakan pembangunan nasional dan ekonomi global, selain itu akibat pandemi covid-19 yang menyebabkan perlambatan ekonomi dan penurunan pendapatan asli daerah,” ungkap orang nomor satu di Kabupaten Nias itu.

Diakhir penyampaiannya, Yaatulo Gulo mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan para pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Nias atas dukungan partisipasi dan kerjasama dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias di tahun 2021.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, para Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, mewakili Kapolres Nias, Kajari Gunungsitoli, Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Nias serta Pimpinan BUMD di Kabupaten Nias.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita