by

Pengobatan Gratis Pasca Banjir Kampar, Dompet Dhuafa Riau Gandeng Semua Pihak

Foto/Hendy/DD/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, KAMPAR – Pasca banjir yang terjadi di kabupaten Kampar meninggalkan dampak bagi masyarakat. Dampak kesehatan menjadi masalah utama setelah rumah warga terendam banjir. Umumnya penyakit yang timbul berupa gatal-gatal, diare, demam, flu dan batuk menyerang anak-anak, dewasa dan lansia.

Team kemanusiaan Dompet Dhuafa Riau berkolaborasi dengan LAZNAS Karyawan Muslim Chevron, Dinas Kesehatan Kampar, Puskesmas, dan perangkat Desa melakukan aksi pengobatan gratis di Desa Lubuk Siam Kec. Siak Hulu, Senin (13/3/2017) agar penyakit yang diderita warga pasca banjir ini dapat teratasi dengan cepat.

Kepala Desa Lubuk Siam, Amri Jono, S.Pd mengatakan bahwa “masyarakat mulai terjangkit penyakit tak lama setelah banjir ini surut. Sehingga ketika ada bantuan dari Dompet Dhuafa Riau bersama LAZNAS Karyawan Muslim Chevron dan Dinas Kesehatan Kampar, kami sangat menyambut baik aksi pengobatan gratis ini.”

Selain pengobatan gratis yang diikuti oleh 210 warga setempat, aksi ini juga melakukan promosi kesehatan (promkes) dari dinas kesehatan kab. Kampar supaya masyarakat semakin memahami tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan rumah pasca banjir.

“Edukasi ini dilakukan agar masyarakat semakin paham apa yang harus dilakukan ketika lingkungannya terkena banjir, penyakit apa yang rentan terjadi serta bagaimana cara mengobatinya.” Ungkap Meri Murniati selaku Kepala Puskesmas Siak Hulu Kampar.

Dalam hal ini, pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam misi kebaikan ini. Kolaborasi dari semua pihak tentunya bisa meringankan beban warga yang menjadi korban banjir.

Sebelumnya, banjir yang terjadi di desa Lubuk Siam Kec. Siak Hulu sejak hari minggu 5 Maret 2017 ini menggenangi lebih dari 500 Rumah Kepala Keluarga. [Hen]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =

Rekomendasi Berita