by

Sandy Sulung Dan Kisah Lagu Bang Toyib

Sandy Sulung, Penulis lagu Bang Toyib saat wawancara [Suroto/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Di dunia dangdut, Sandy Sulung menjadi ikon khususnya dalam hal pencipta lagu. Bang Toyib salah satu karyanya menjadi lagu dangdut yang sangat populis hingga dihapal dan diingat oleh berbagai kalangan.
Dari pengalamannya, rumus mencipta lagu menurut Sandy Sulung, (42) kelahiran Sukabumi ini mengalir saat merenung dan ditulisnya seperti air mengalir dalam hitungan tidak lebih dari 15 menit.
“Lagu yang meledak dan booming, Kumbang-kumbang, Bang Toyib, Janda Tujuh Kali dan Wong Deso Tukul saya tulis dalam waktu 15 menit.” Ujar Ayah  4 anak dari dua orang isteri ini kepada radarindonesianews.com, di Distira Entertain, Taman Malaka Selatan, Pondok Kelapa Jakarta Timur, Rabu (28/9).
Lagu yang ditulis dengan waktu yang cukup lama tambahnya, justeru kurang populer dan tidak booming. Lagu yang ditulis secara sponta itulah lanjutnya, yang booming dan diingat masyarakat. Meskipun ditulis dalam waktu singkat, lagu-lagu yang populer dan booming itu diakuinya dalam mood yang pas.
 
“Syair dan not lagu Bang Toyib ditulis dalam hitungan 15 menit dengan mood yang tepat. Baru setelah itu dibuatkan musik pengiring yang memakan waktu hingga dua minggu.” Ujar Pria yang rajin fitnes ini.
Teknologi menjadi bagian penting terkait marketing lagu sehingga dikenal di masyarakat. Sandy memanfaatkannya untuk lebih menajadikan sebuah lagu karyanya dikenal masyarakat. Di tangannya, lagu Bang Toyib menjadi lagu dangdut pertama yang menjadi Ring Back Tone.
Sandy Sulung tercatat sebagai pencipta lagu yang mendapat royalty bersama Endang HS dan Cahyadi.[GF]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − twelve =

Rekomendasi Berita