by

Sidalih Eror, Bawaslu Jaktim Rekomendasikan Penetapan DPT Ditunda

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Penyelenggaraan Pemilu Tajun 2019 memasuki tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dilakukan oleh seluruh KPU Kabupaten/Kota secara serentak se Indonesia. Sebagaimana ditentukan dalam PKPU No.5 Tahun 2018 jadwal rekapitulasi DPSHP Akhhir dan penetapan DPT oleh KPU Kabupaten/Kota dilakukan tanggal 15 – 21 Agustus 2018.
Rapat pleno terbuka yang awalnya dijadwalkan jam 13.30 Wib, namun baru mulai sekitar 14.30 Wib. Rapat pleno dihadiri oleh Drs Hamid Mas’ud Kepala Kesbangpol Kota Jakarta Timur mewakili Walikota Jakarta Timur dan Anggota KPU DKI Jakarta Nurdin S.Pd serta jajaran 5 anggota Bawaslu Kota yaitu: 
1. Sakhroji , Ketua. Div. Penindakan Pelanggaran
2. Marhadi anggota Div. Pengawassn Humas dan Hubal, 
3. Prayogo B Utomo, anggota Div. Penyelesaian Sengketa Pemilu, 
4. Ahmad S. Fajar, anggota, Div. Hukum, Data dan Informasi
5. Tami Widi Astuti, anggota Div. SDM dan Organisasi
Serta jajaran Pejabat lingkungan Walikota Jakarta Timur dan Partai politik Peserta pemilu.
Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Jakarta Timur menjelaskan dalam Penetapan DPSHP akhir pada tingkat PPS hingga PPK, tidak ada masalah, data sinkron antara data manual dengan data dalam Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih), semua partai sudah mendapatkan salinan datanya. Tapi begitu bergerak ke tingkat kota, terjadi perubahan penambahan pemilih baru dan pengurangan karena data ganda termasuk ada data masuk dari apartemen/rumah susun, panti-panti.  Tetapi dalam proses perbaikan danninput data  terjadi permasalahan sistem Sidalih mengalami gangguan dan error dari beberapa hari sebelumnya, hal ini mengakibatkan penginputan data pemilih manual ke dalam Sidalih menjadi terkendala.
Divisi Tarlih KPU Kota Jakarta Timur, Tedi Kurnia menjelaskan bahwa sejak 17 hingga 20 Agustus, Sidalih pada KPU RI mengalami gangguan, dikarenakan server ‘full storage’, dan akses jaringan lambat. “Gangguan tersebut menyebabkan kami harus menungu sangat lama untuk bisa masuk menginput data. Sempat akses ke Sidalih 12 jam off, 12 jam on” sehingga sampai saat ini input data pemilih manual ke data Sidalih hanya tercapai 30% dari total jumlah data pemilih. 
Atas permasalah yang disampaikan oleh KPU Kota Jakarta Timur, kemudian Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur Bpk.Sakhroji menyampaikan rekomendasi sebagai berikut:
Bahwa prinsip-prinsip dalam pemutahitan data pemilih adalah data pemilih harus Komprehensip, Akurat, Mutahir dan Singkron antara data pemilih manual dengan data Sidalih. 
Hari ini KPU Kota Jakarta dan Timur dan beberapa KPU Kabupaten/Kota lainnya mengalami kendala dalam proses pemutahiran data pemilih dimana Sidalih mengalami error sehingga proses input data pemilih manual ke Sidalih belum sempurna hanya sekitar 30%. 
Hasil koordinasi Kami dengan Bawaslu DKI Jakarta diarahkan jika pada rapat pleno hari ini KPU Kota mempunyai kendala yang mengakibatkan adanya:
1) ada kendala dalam melakukan input data manual ke sistem Sidalih, sehingga sinkronisasi Sidalih dengan yang manual tidak sempurna 100%.
2) adanya sejumlah pemilih ganda pada DPSHP yang cukup signifikan, sehingga masih perlu perbaikan
3) ada elemen informasi yang ada ddalam data pemilih  DPSHP masih kurang lengkap.
Maka Bawaslu Kota Jakarta Timur menyampaikan rekomendasi agar KPU Kota Jakarta Timur memperpanjang proses perbaikan data pemilih dan menunda penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai tanggal 28 Agustus 2018, namun apabila sebelum tanggal 28 Agustus 2018 tersebut perbaikan data pemilih sudah selesai dan data pemilih manual dan Sidalih sudah singkron 100%, maka KPU Kota Jakarta Timur dapat melakukan penetapan DPT lebih cepat.[Wid]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − thirteen =

Rekomendasi Berita