by

Sidang Praperadilan Irman Gusman, KPK Disoraki Pengunjung

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Irman Gusman batal hadir pada sidang lanjutan gugatan praperadilan melawan KPK. Alasan KPK tidak bisa menghadirkan Irman Gusman, karena belum menerima surat dari pengadilan untuk memanggil Irman Gusman sebagai saksi.

“Bisa tidak dihadirkan sekarang?” tanya hakim tunggal I Wayan Karya di PN Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2016). Atas pertanyaan tersebut KPK meminta hakim mencari waktu lain untuk menghadirkan Irman Gusman, karena hingga saat ini belum ada surat yang diterima oleh KPK.

“Mungkin kita cari waktu yang lainnya, karena tidak mungkin dilaksanakan, jadi sesuai prosedur KPK untuk tahanan atau tersangka keluar dari ruang tahanan, pihak pemasyarakatan akan bertanya dasar tujuan kami. Kemudian pada prinsipnya kami menunggu surat itu,” kata Kabiro Hukum KPK Setiadi.

Mendengar pernyataan tersebut para pengunjung sidang langsung bersorak. “Huu…,” seru pengunjung sidang. Hakim I Wayan Karya memutuskan agar Irman dihadirkan pada persidangan Senin mendatang (1/11/2016).

“Dengan tidak dihadirkannnya Irman Gusman, kami akan pergunakan waktu di hari Senin, hari ini akan ada pembuktian dari pihak pemohon, Senin nanti kami minta Irman Gusman dihadirkan,” kata Hakim Tunggal I Wayan Karya.

Hakim pun meminta panitera menyiapkan surat penetapan untuk memanggil Irman Gusman untuk memberi keterangan di persidangan. “Jadi kita lanjutkan pemeriksaan perkara dari pihak pemohon,” lanjut I Wayan Karya.

Sidang diskorsing hingga pukul 10.30 WIB karena pihak pemohon tidak menyiapkan surat untuk menghadirkan saksi-saksi. Kuasa hukum Irman sebelumnya menyebutkan akan menghadirkan beberapa saksi antara lain istri Irman Gusman, ajudan, dan petugas keamanan.[TB]

Comment

Rekomendasi Berita