Sineas Muda Indonesia Berkompetisi Menangkan Perjalanan Ke Australia

Berita403 Views

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Mahasiswa film dan para sineas independen berkesempatan untuk mengasah keterampilan mereka dan berkompetisi untuk memenangkan perjalanan ke Australia dengan berpartisipasi dalam Kompetisi Film Pendek Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) yang diluncurkan Rabu (12/10).

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Dr Justin Lee bersama dengan sutradara dan produser film Indonesia Joko Anwar mengumumkan dimulainya Kompetisi Film Pendek dalam workshop sehari untuk sineas-sineas muda.

“Film-film pendek yang dilombakan, kurang dari durasi 15 menit, bisa dalam aneka genre: fiksi, non-fiksi (dokumenter), animasi, horor, komedi atau drama, tetapi harus orisinil, dan mengesankan.” Ujar Justin.

Masing-masing film akan diulas oleh satu panel terdiri dari pakar-pakar, yang akan memilih tujuh finalis dan kemudian ditayangkan dalam acara tahunan Kedutaan Besar Australia, Festival Sinema Australia Indonesia, pada bulan Januari 2017 (FSAI17).

Pemenang, akan diumumkan pada penutupan FSAI17, dengan Hadiah Utama berupa perjalanan ke Australia dan kesempatan menghadiri Melbourne International Film Festival.

Dr Lee mengatakan film adalah media yang kuat untuk menyampaikan cerita-cerita yang unik dan menarik.

“Kami berharap kompetisi dan workshop hari ini bisa menemukan bakat baru dalam pembuatan film dan menghubungkan mereka dengan sineas-sineas hebat seperti Joko Anwar,” kata Dr Lee.

Joko Anwar dan Programer dari Melbourne International Film Festival Thomas Caldwell masing-masing menyampaikan presentasi bertajuk Penyusunan Cerita dan Penulisan Naskah Film Pendek dan Bagaimana Membuat Film Pendek Kalian Bernilai ‘Festival Film Internasional’.[GF]

Berita Terkait

Baca Juga

Comment