by

Skateboard Purwakarta Antara Prestasi Dan Upaya Membangun Citra Positif

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, PURWAKARTA — Skateboard adalah olahraga yang mendunia. Pada awal tahun 1970-an di California olahraga Surfing (papan selancar) sangat popular.

Namun karena surfing tergantung pada ombak laut yang kadang kurang mendukung untuk berselancar, Frank Nasworthy mempunyai gagasan untuk berselancar di darat dengan memberi empat roda di papan seluncurnya.

Dan terus berkembang dan mengalami inovasi sampai pada bentuk yang sekarang. Dan tanggal 21 Juni dijadikan sebagai Hari Go Skateboarding Dunia.

Di Indonesia sendiri, Skateboard merupakan jenis olah raga ekstrim yang kebanyakan dikenal oleh generasi muda terutama di kota-kota besar. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya.

Awal mula pada tahun 1976-an, Skateboard dikenalkan di Indonesia oleh mahasiswa lulusan dari Amerika. Dengan perkembangan yang tidak pesat tapi pada tahun 1999 didirikanlah ISA (Indonesian Skateboarding Association), mulailah skateboard mengalami perkembangan yang cepat sampai merebak ke kota-kota kecil.

Mulailah bermunculan skaterborder (pemain skateboard) lokal di kota kecil sekitar Jakarta dan Bandung. Seperti Depok, Bekasi, Cikarang, Bogor, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Karawang dan lain-lain.

Di Purwakarta, skateboard mulai dikenalkan pada tahun 1996 oleh Saefun Nawas. Dan terus berkembang sehingga skateboard di Purwakarta mempunyai banyak peminat.

Bahkan skateboarder Purwakarta sudah banyak meraih prestasi baik tingkat lokal jawa barat maupun nasional.
“Mulanya skateboard sering diindentikan dengan hal-hal negatif seperti kenakalan remaja oleh masyarakat Purwakarta, tapi kami berusaha untuk memberikan citra yang positif agar bisa keberadaan kami di terima di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Saefun Nawas (02/09/2020).

Prestasi skateboarder asal Purwakarta diantaranya:
Highest Ollie STBA 2003 (Dicky W)
Juara 1 Volcom Open 2002 (Dicky W)
Juara 1 Citysurf Open 2003 (Dicky W)
Juara 1 Isa BSM Bandung 2003(Dicky W)
Juara 3 ISA Mandala Krida Yogyakarta 2003 (Dicky W)
Juara 1 karawang skateboard competition 2008/2009/2010 (Khinton)
Juara 1 Subang Skateboard competition 2008 dan 2012 (Khinton)
Juara 2 Cikarang Skate Festival 2015 (Khinton)
Juara 2 Skateboard competition “Rise Your Mini Up” 2017 purwakarta (Khinton)
Dan masih banyak lagi prestasi yang lain yang diperoleh skateboarder Purwakarta.

“Tempat kami berlatih dulu disekitaran alun-alun Purwakarta, ya kami sering diusir oleh petugas kala itu, sampai akhirnya kami diperbolehkan main disitu,” kenang Khinton.

Olahraga Skateboard semenjak tahun 2018 dijadikan cabang resmi olahraga di even Asian Games Jakarta Palembang tahun 2018. Dan akan masuk salah satu cabang olahraga Olimpiade di Jepang yang akan diselenggarakan tahun 2021 yang awal rencana 2020 tapi diundur dengan mewabahnya Virus Covid-19 di seluruh dunia.

“Walaupun sekarang kita berlatih di lapangan inline skate di Gor Purnawarman Purwakarta, tapi itu jauh dari memadai. Kami berharap mempunyai arena berlatih yang berstandar nasional agar kami bisa lebih berprestasi lagi baik di tingkat Nasional maupun internasional,” harap Dicky W.

Sangat disayangkan apabila di Purwakarta dengan banyaknya skateboarder yang berbakat dan mungkin bisa mengaharumkan Kabupaten Purwkarta tapi kurang mendapat dukungan oleh pemerintah daerah Purwakarta dengan menyediakan arena berlatih yang memadai agar bisa lebih berprestasi. (Nanang S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =

Rekomendasi Berita