Solidaritas untuk Wartawan Palestina, AWG Usulkan Bentuk Forum Jurnalis Indonesia-Gaza

Nasional200 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Lembaga kemanusiaan yang fokus pada pembelaan Palestina dan Masjid Al-Aqsa, Aqsa Working Group (AWG) terlibat dalam aksi solidaritas bertajuk “Bantu Jurnalis Lokal Beritakan Gaza” yang diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Kegiatan ini digelar di markas AJI Jakarta, Kalibata, Jakarta pada Sabtu (30/3).

Organisasi wartawan itu menggandeng beberapa NGO dan media yang memiliki kepedulian dengan Palestina, antara lain Aqsa Working Group (AWG), Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), Mi’raj News Agency (MINA), Radio Silaturahim (Rasil), dan Al Jamaah TV.
Ketua Presidium AWG, Ir. Nur Ikhwan Abadi mengapresiasi inisiatif AJI Jakarta dalam mendukung para jurnalis di Gaza dengan menggelar aksi solidaritas ini. Nur Ikhwan pun mengusulkan agar dibentuknya forum jurnalis Indonesia-Gaza.

“Kami sangat mengapresiasi acara yang dilakukan oleh AJI Jakarta. Ketika kami sampaikan kepada teman-teman wartawan lokal di Gaza, mereka menyambut dengan sangat antusias,” ujarnya dalam sesi talkshow pada kegiatan tersebut.

“Kami juga berharap acara dari AJI Jakarta dan komunitas yang ada ini (AWG, MER-C, MINA, Rasil, Al Jamaah TV) tidak berhenti di sini. Kalau memang perlu diadakan forum misalkan Forum Jurnalis Indonesia-Gaza, mereka (jurnalis Gaza) sangat ingin itu karena beberapa kali ketika kami kembali ke Indonesia, para jurnalis itu selalu mengirimkan berita tapi saya bilang, saya bukan dari media. Lalu mereka bertanya, bisa enggak kami dikenalkan dengan media kalian (media Indonesia),” tambah Nur Ikhwan.

Relawan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza itu kembali menekankan harapannya agar forum untuk mendukung jurnalis Gaza ini tetap berlanjut.

“Sehingga pemberitaan-pemberitaan yang ada di Gaza bisa kita dapat dari tangan pertama,” pungkas Nur Ikhwan.

Selain Ir. Nur Ikhwan Abadi, aksi “Bantu Jurnalis Lokal Beritakan Gaza” ini pun menghadirkan narasumber-narasumber kredibel lainnya seperti Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad, Fotografer Agence France-Presse (AFP) Lastri Berry Wijaya, serta Jurnalis BBC Heyder Affan.

Tidak hanya talkshow, acara yang berlangsung mulai pukul 14.30 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa itu, dimeriahkan pula dengan penampilan musisi yang konsen menyuarakan isu-isu sosial termasuk Palestina lewat lagu-lagunya yaitu Almamosca and Band. Dilengkapi juga dengan stand up comedy oleh Alwi Shihab yang menyuarakan kritik terhadap pemerintah melalui lelucon.

Aksi solidaritas untuk jurnalis Gaza ini dapat disaksikan secara lengkap di kanal YouTube Official AJI Jakarta, Al Jamaah TV Official, MINANews TV, dan Rasil TV.
Diketahui, jumlah jurnalis yang tewas di Jalur Gaza sejak 7 Oktober telah meningkat menjadi 109 orang, menurut pernyataan Kantor Media Hamas pada 7 Januari 2024.

Pernyataan itu juga menyerukan kepada serikat-serikat pers untuk menekan Israel agar menghentikan serangannya terhadap jurnalis.[]

Comment