by

Tanpa Kesejahteraan, Demokrasi Gagal

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Demokrasi adalah sebuah jalan yang harus ditempuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan negara. Jika masyarakat tidak sejahtera atau tanpa mendapatkan kesejahteraan sama sekali, berarti demokrasi telah gagal

Hal itu dikatakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa. Dia menyebutkan, sistem demokrasi Pancasila yang tengah diusung oleh pemerintah saat ini seharusnya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Demokrasi tanpa kesejahteraan merupakan demokrasi yang gagal. Demokrasi harus dengan buah manis, bukan pahit bahkan racun,” ujar Suharso Monoarfa, Jumat (20/8) dalam webminar Pidato Kebangsaan Ketua Umum Partai Politik memperingati 50 tahun CSIS Indonesia.

Dia menyebutkan keprihatinan saat ini melihat banyak anak bangsa baik di tingkat elit politik hingga netizen di media sosial saling berhadap-hadapan menjelekkan satu dengan yang lain.

“Demokrasi adalah instrumen tata cacar berlomba mewujudkan kebajikan, bukan untuk saling memecah belah, memaki dan membenci. Demokrasi dibuat dan kita gunakan untuk mempersatukan seluruh elemen bangsa,” tambah Suharso Monoarfa.

Ia juga berharap agar sistem demokrasi Pancasila yang ada saat ini betul-betul mensejahterakan masyarakat demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur pada 2045.

“Berdemokrasi sebagai pembuktian. Tidak ada satu pihak yang tertinggal No one left behind. Mensejahterakan masyarakat membangun bangsa adalah tujuan utama demokrasi,” kata Suharso Monoarfa. (buliran/maf)

 

Comment

Rekomendasi Berita