by

Telantarkan Orang Tua Terjadi Lagi, Apa Solusi Hakiki

-Opini-28 views

 

 

Oleh : Bibah, Pendidik Generasi

__________

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Di era kapitalisme banyak anak berprilaku egois. Hal ini dapat dilihat melalui kabar berita yang baru baru ini bertebaran di sosial media bagaimana para orang tua ditelantarkan anak anaknya dengan alibi tidak bisa membiayai kehidupan mereka lagi. Panti jompo menjadi tempat dan solusi pintas seorang anak.

Terbayang bagaimana kecewanya seorang ibu dan ayah dalam menyikapi kelakuan anaknya ini. Berpuluh puluh tahun mengasuh,  mendidik, mengayomi, letih tak terhitung namun mereka balas dengan tindakan yang sangat mengecewakan hati. Air susu dibalas air tuba.

Jika benar bahwa prilaku durhaka tersebut dikarenakan faktor ekonomi, hal ini mungkin saja sebagai alasan –  menimbang gempuran sistem kapitalis yang senantiasa menciptakan kesenjangan di tengah kehidupan sosial. Sehingga untuk mencari nafkah dan menemukan lapangan kerja pun sangat sulit.

Kapitalisme hanya menciptakan jurang semakin dalam – yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Maka dalam hal ini negara mensejahterakan masyarakat sangat penting.

Dalam Islam semua upaya dikerahkan demi mencukupi kebutuhan masyarakat mulai dari sumber alam yang kita miliki berlimpah ruah dan mengelolanya secara mandiri dengan memberdayakan para ahli di bidangnya

Sumber daya alam ini tidak boleh dikelola oleh swasta tapi saat ini banyak diberlakukan oleh sistem kapitalis. Tindakan ini sangat tercela dalam Islam bahkan haram hukumnya.

Di samping faktor ekonomi prilaku durhaka anak terhadap orang tua semacam ini juga dipengaruhi oleh krisis nilai dan agama di kalangan generasi muda yang mengubur fitrah kebaikan mereka.

Nilai agama akan memberi pemahaman anak tentang kewajiban berbakti kepada ibu bapaknya. Karena ini bagian dari perintah Allah yang wajib dilakukan setelah perkara Tauhid dan ibadah lainya.

Dengan nilai agama inilah anak akan menghargai, mensyukuri dan  menghormati betul peran dan pengorbanan orang tua membesarkannya.

Melalui ketulusan bakti terhadap orang tua,  Allah pun akan ridho dengannya. Karena birrul walidain adalah perantara keridhoan Allah kepada kita semua.[]

Comment

Rekomendasi Berita