by

Tentukan Prioritas Pembangunan Desa, Babinsa Ramil 0824 Hadiri Musrenbang

Babinsa 0824 saat musrebangdes.[Sis/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Keberadaan Bintara Pembina Desa yang akrab dipanggil Babinsa merupakan salah satu gelar kekuatan TNI AD yang menjalankan tugas pokok TNI AD dibawah kesatuan Koramil ditingkat Kecamatan dan Kodim ditingkat Kabupaten, dalam rangka membina potensi pertahanan desa menjadi potensi pertahanan wilayah dalam menunjang potensi pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan demikian semua potensi yang ada diwilayah desa tersebut tentunya harus mampu dibina dan diberdayakan secara maksimal sehingga mampu memberikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut serta sekaligus menjadi kekuatan pertahanan Negara.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0824/03 Kalisat khususnya Desa Sumber Ketempa dan Desa Plalangan yang sedang melaksanakan Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) yang dipimpin oleh Kepala Desa, dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan para perwakilan masyarakat Rukun Warga (RW) maupun Rukun Tetangga (RT).

Danramil 0824/03 Kalisat Kapten Arm Anton Hermawan membenarkan adanya kehadiran Babinsa Plalangan Serda Sutardi dan Babinsa Sumber Ketempa Kopka Agus Setya Budi, hal tersebut tentunya sesuai undangan yang telah diterima dari panitia Musrenbangdes didesanya.

Komandan Kodim 0824 Jember saat dikonfirmasi terkait dengan kegiatan jajarannya tersebut membenarkan bahwa beberapa hari ini hampir semua desa di semua Kecamatan di Kabupaten Jember sedang menjalankan Musrenbangdes, Babinsa tentunya harus hadir dalam rangka turut mengawal dan menjaga arah pembangunan desa yang akan dilaksanakan pada kala waktu satu tahun kedepan, sehingga benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut.

Kehadiran Babinsa pada rapat-rapat Musrenbangdes tersebut tentunya membawa misi pertahanan, sehingga diharapkan mampu meyerap aspirasi masyarakat dan menyarankan rencana pembangunan secara prioritas berdasarkan pertimbangan yang benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga hasil pembangunannya memiliki nilai strategis yang multiguna termasuk untuk kepentingan pertahanan Negara. (sis24)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + nineteen =

Rekomendasi Berita