by

Terdampak Banjir Rob, ACT-MRI Pekalongan Antarkan Bantuan Untuk Ponpes Qolbul Quran

 

RADARINDONESIANEWS.COM, PEKALONGAN — Akibat terdampak banjir rob, ACT-MRI Pekalongan mendistribusikan bantuan untuk Ponpes Qolbul Quran di Dusun Clumprit, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara,  Rabu (23/2/2022).

Ponpes tahfidz yang terletak di Dusun Clumprit, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara ini memang diketahui terdampak banjir rob setiap tahunnya.

Ponpes Qolbul Quran menerima bantuan berupa sejumlah perlengkapan belajar untuk para santriwati dan juga sejumlah bahan bangunan.

“Kami memang sedang dalam tahap pembangunan asrama baru di tempat yang lebih aman dari banjir rob, supaya para santriwati bisa belajar dengan nyaman,” ujar Yayah, pendiri sekaligus pembina Ponpes Qolbul Quran.

Saat ini, para santriwati di Ponpes Qolbul Quran masih menempati asrama lama yang masih rawan terkena dampak banjir rob.

“Ini adalah kendala utama kami selama bertahun-tahun. Apalagi jika musim hujan dan rob sedang naik, air pasti masuk ke asrama dan para santri harus mengungsi,” terang Yayah.

Apalagi, tambah Yayah, air rob kerap masuk ke dalam asrama Ponpes Qolbul Quran di waktu yang tak terduga.

“Pernah, waktu itu saat kami sedang tidur tengah malam tiba-tiba air masuk ke dalam kamar dan membuat barang-barang kami basah,” tutur Sella, salah satu santriwati Ponpes Qolbul Quran.

Kondisi tersebut membuat belajar para santri terganggu. Apalagi, sejumlah perlengkapan belajar mereka rusak karena banjir rob yang kerap melanda. Oleh karena itu, ACT-MRI Pekalongan bekerjasama dengan IndiHome Charity membantu Ponpes Qolbul Quran.

“Bantuan ini ini menjadi salah satu dukungan nyata dari ACT-MRI Pekalongan kepada para santriwati di Ponpes Qolbul Qur’an yang telah istiqomah menghafal Al-Quran di tengah kondisi lingkungan yang terbatas akibat dari banjir rob,” ujar Aditya Nugraha, Program Implementator ACT Pekalongan melalui rilis yang dikirim ke redaksi, Kamis (24/2/2022).

“Saya dan para santri mengucapkan jazaakumullah khairan atas segala bantuannya. Kami sungguh berterima kasih, semoga sedekah yang telah para dermawan berikan dibalas berlipat-lipat oleh Allah,” ujar Yayah.[]

Comment

Rekomendasi Berita