Terima Kunker Tim RUU Kabupaten Nias, Berikut Harapan Bupati Nias

Daerah, Kep. Nias207 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias menerima kunjungan kerja Tim Penyusun Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang tentang Kabupaten Nias dari Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI, Senin (24/10/2022), bertempat di Ruang Rapat Oval Lantai III Kantor Bupati Nias.

“Pemerintah Kabupaten Nias sepakat dengan penyesuaian tersebut namun materi/ruang lingkup pengaturan Undang-undang tentang Kabupaten Nias jangan hanya terbatas dengan yang sudah ditetapkan sebelumnya tetapi turut memuat pengaturan tentang peta wilayah, batas daerah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Pemerintah Kabupaten Nias,” tutur Bupati Nias Ya’atulo Gulo.

Menurutnya, Kabupaten Nias yang memiliki luas wilayah 143.864,32 Ha yang terdiri dari luas daratan 85.342,32 Ha dan luas laut 58.522,00 Ha serta memiliki pulau-pulau kecil yang terpisah dari daratan Kabupaten Nias mempunyai karakteristik, kekhasan dan potensi menjadi suatu hal yang dianggap perlu diatur dalam RUU tentang Kabupaten Nias.

Disisi lain, ia memaparkan masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias seperti infrastruktur, kualitas daya saing SDM, kualitas pelayanan pendidikan, kualitas pelayanan kesehatan, reformasi birokras dan sebagainya.

Diakhir penyampaiannya, Ya’atulo Gulo berharap kepada tim agar data dan informasi yang didapatkan dibahas kembali dengan Pemerintah Kabupaten Nias sebelum penetapan lebih lanjut oleh DPR-RI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Forkopimda Kabupaten Nias, para Kepala OPD, Tim Penyusun Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang dari Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI dan undangan lainnya.

Reporter : Albert

Comment