by

Tingkatkan Kepuasaan Peserta, BPJS Kesehatan Gandeng Petugas PIPP Kota Gunungsitoli

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – BPJS Kesehatan menggandeng Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (PIPP FKTP) Kota Gunungsitoli.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) dan Petugas PIPP FKTP Kota Gunungsitoli, Kamis (27/04).

Dalam pertemuan ini, Kepala Bidang KPP BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Renniala Bondar menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta melalui pemberian informasi yang benar dan lengkap, meningkatkan sinergi antara BPJS Kesehatan dengan pemberi layanan kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada peserta, dan secara bersama melakukan perbaikan dalam pemberian layanan informasi dan pengaduan peserta.

“Peserta JKN-KIS yang mengakses layanan kesehatan di FKTP adalah peserta yang harus dilayani dengan sepenuh hati. Pemberian informasi yang lengkap dan benar akan memberikan kemudahan bagi mereka yang berkunjung. Sehingga tingkat kepuasan peserta di FKTP dapat tercapai,” tutur Renniala.

Ia menerangkan, bahwa sebagai pelayan publik BPJS Kesehatan dan FKTP wajib memberikan dan menyediakan sarana informasi dan pengaduan peserta. Ketentuan ini dijamin dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Perpres Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2015 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Program JKN.

“Pemberian informasi dan pengaduan peserta merupakan hal yang dijamin oleh regulasi dan wajib bagi pemberi layanan publik untuk menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkas Renniala.

Lebih lanjut Renniala menyampaikan, ke depannya akan ada pengembangan aplikasi PIPP di FKTP sehingga manfaat dari aplikasi PIPP ini dapat terlaksana sepenuhnya. Untuk itu Renniala berharap ada dukungan SDM dan sarana dari FKTP guna memastikan aplikasi ini berjalan baik. Ia menerangkan, manfaat aplikasi ini tidak hanya dirasakan oleh peserta JKN-KIS saja, tetapi juga dirasakan oleh pemberi layanan dan BPJS Kesehatan.

“FKTP lebih mudah menetapkan strategi media dan konten informasi yang efektif kepada peserta, pengaduan dapat ditangani secara berjenjang sesuai standar, area of improvement terpetakan, dan semua manfaat ini bermuara pada kepuasan peserta dan mampu meningkatkan citra positif FKTP,” pungkas Renniala.

Dalam kegiatan yang sama, Petugas PIPP UPTD. Puskesmas Gunungsitoli Selatan Elsa Venna Zebua menyampaikan terimakasih atas kegiatan sosialisasi implementasi aplikasi PIPP di FKTP. Menurutnya aplikasi ini merupakan wujud kemajuan kemudahan yang lahir dari teknologi yang mengakomodir kebutuhan peserta Program JKN-KIS dan petugas PIPP di FKTP.

“Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini akan membantu kami dalam memenuhi standar layanan informasi dan pengaduan. Untuk itu kami berharap sinergi yang erat dengan BPJS Kesehatan dalam menjalankan aplikasi ini, guna memberikan manfaat dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS,” jelas Elsa.

Ia menyampaikan, dirinya siap dan sangat antusias menjalankan aplikasi ini. Ia berharap manfaat yang diharapkan dari implementsi aplikasi PIPP FKTP ini dapat berjalan optimal, sehingga petugas aplikasi dan peserta JKN-KIS dapat terbantu.

“Kami sangat antusias dengan aplikasi ini, kami berharap dapat memberikan kepuasan bagi peserta yang berkunjung. Untuk itu kami berharap sinergitas tetap terjalin, sehingga kendala teknis dalam pelaksanaan aplikasi ini dapat terselesaikan dengan baik, dan tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud,” tutupnya.

Reporter : Albert

Comment

Rekomendasi Berita