by

Akhiri Ramadhan, SD Muhammadiyah Unggulan Jembrana Ajarkan Untuk Selalu Berbagi

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA- — Ramadhan identik dengan aksi bagi-bagi takjil. Sejak awal hingga akhir Ramadhan. Dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Tak memandang kaya ataukah miskin, semuanya bergerak untuk meraih keberkahan Ramadhan.

Di masa pandemi ini justru aksi berbagi takjil semakin “brutal”, seluruh daya upaya bahkan harta tak tanggung-tanggung untuk dikeluarkan, tolak bala katanya. Namun untuk mengajarkan berbagi kepada anak-anak haruslah dengan alasan logis dan mampu diterima oleh akal mereka. Begitu juga yang dilakukan oleh para guru di SD Muhammadiyah Unggulan Jembrana.

Di akhir Ramadhan segenap guru SD Muhammadiyah Unggulan Jembrana mengajak seluruh siswanya untuk selalu berbagi kepada sesama. Meski Ramadhan akan berakhir, siswa-siswi diajarkan untuk tetap selalu melaksanakan aksi berbagi, apapun bentuknya.

Kemarin (9 Mei 2021), SD Muhammadiyah Unggulan Jembrana menggelar aksi berbagi takjil di pinggir jalan tepat di depan halaman sekolah. Aksi ini didukung oleh Yayasan Muhammadiyah Jembrana dan dikawal oleh KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah).

“Anak-anak sudah Kami beritahu kalau aksi berbagi ini semata-mata karena mengharap pahala dari Allah. In Syaa Allah anak-anak sudah paham kalau saling berbagi di bulan Ramadhan itu pahalanya akan dilipatgandakan. Tetap saling kerjasama dan tolong menolong dalam kebaikan”, ucap Bapak Fauzi, selaku korlap sekaligus pendamping.

Terlihat warga sekitar juga antusias dengan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang masih polos dan ikhlas berbagi. Keceriaan muncul pada wajah-wajah mereka. Dilarangnya mudik, menjadikan mereka bersedih, namun dengan adanya kegiatan di akhir Ramadhan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri, mereka kembali gembira karena masih dipertemukan dengan teman-temannya.

“Iya memang kegiatan bagi takjil ini adalah serangkaian dari kegiatan pesantren kilat Ramadhan, dan kegiatan ini adalah kegiatan terakhir siswa-siswi Kami. Mengingat besok anak-anak sudah mulai libur panjang dari hari Senin (10/5/2021) sampai Rabu (19/5/2021). Untuk itu, Kami juga mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, semoga kita semua dapat merayakannya dengan hati gembira”, tutup Bu Linda selaku wali kelas 1 SD Muhammadiyah Unggulan Jembrana.

Setelah berbagi kepada pengguna jalan yang melintas, kegiatan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah.[]

Reporter: Maulinda Rawitra Pradanti

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + thirteen =

Rekomendasi Berita