by

Akhirnya Demokrat Bergabung Dengan Koalisi Prabowo

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Teka-teki dengan siapa Partai Demokrat akan berkoalisi akhirnya terjawab. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), selaku ketua umum Demokrat menegaskan untuk bergabung dengan Partai Gerindra dan Partai lainnya untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. 

“Atas dasar kesepahaman saya dan Pak Prabowo dalam melihat kondisi bangsa yang memprihatinkan saat ini, kami partai Demokrat menyatakan berkoalisi dengan Partai Gerindra dan partai lainnya,” ucap SBY usai melakukan pertemuan tertutup dengan Prabowo di kediamannya di Jalan Mega Kuningan Timur VII No 26, Jakarta, Selasa malam (24/7).

Dari koalisi ini, ucap SBY, pihaknya tidak menyaratkan untuk memasukkan kader Demokrat, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Prabowo.

“Kami tidak membahas soal cawapres di pertemuan malam ini. Saya menyadari dan logis setiap parpol mengusulkan kadernya. Bagi Demokrat cawapres bukan harga mati,” jelasnya.

Yang terpenting, ucap SBY, capres dan cawapres nanti harus mampu memperbaiki kondisi bangsa untuk lima tahun ke depan. 

”Yang terpenting adalah capres dan cawapres mampu memberikan arah perubahan rakyat yang lebih baik,” tukasnya. Atas sikap ini, SBY pun menegaskan bahwa peluang Demokrat membentuk poros ketiga ataupun bergabung dengan poros petahana Joko Widodo sudah tertutup.

“Saya menjalin (komunikasi) dengan Pak Jokowi setahun terakhir ini. Pak Jokowi berharap saya berada di dalam (koalisi). Tapi saya menyadari banyak rintangan dan hambatan untuk menjalin ke koalisi itu. Karena koalisi harus terbangun kalau ada mutual trust (saling percaya) dan mutual respect (saling sepaham). Dan dengan Pak Prabowo saya merasakan adanya syarat koalisi itu, ” ucapnya yang kemudian disambut tepuk tangan seluruh elit partai Gerindra dan Prabowo yang hadir dalam pertemuan itu.[BB86]

Comment

Rekomendasi Berita