Aktivis Buruh, Rahmat Gunawan Desak Pemkab Bogor Tegas Terkait Keberadaan PKL

Berita445 Views
Rahmat Gunawan.[Widhy/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, BOGOR  – Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang tak jarang menggelar dagangan di jalur hijau dan trotoar tanpa disadari sudah menyita hak pejalan kali. Hal ini diutarakan oleh Ketua Aktivis Pergerakan Buruh, Rahmat Gunawan, SH kepada RadarIndonesianews.com Selasa (24/04/18)
“Dari segi ekonomi keberadaan PKL sebenarnya sangat membantu masyarakat menengah kebawah. Sebab, harga dagangan yang dijajakan lebih terjangkau dan merakyat,” jelas asisten pengacara ini.
Menurutnya, Pemerintah Daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bogor harus mewujudkan solusi terbaik guna menggali potensi perekenomian terhadap keberadaan PKL. 
“Perlu aksi nyata pemberdayaan pedagang kecil sebagai salah satu elemen pendukung perekonomian. Dan bila diitinjau lebih jauh lagi, PKL mempunyai kekuatan besar dalam menggerakan roda perekonomian,” katanya.
Dirinya menyikapi pula dari sudut ketertiban umum, yakni keberadaan PKL yang telah merampas hak pejalan kaki dan jalur hijau adalah pelanggaran yang harus ditertibkan sesuai peraturan daerah yang diberlakukan.
“Pemerintah Kabupaten Bogor harus tegas dalam menghadapi oknum-oknum yang membekingi keberadaan PKL pelanggar Perda Ketertiban Umum. “Jangan dibiarkan pelanggaran ketertiban umum, jangan pula meninggalkan kesan ada pembiaran akibat tidak berani tegas,” desaknya. [Widhy]

Comment