by

Aneka Masakan Menu B2SA Warnai Lomba Pangan Nonberas Tingkat Kabupaten Nias

Foto/Albert/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias menggelar lomba pangan non beras berbasis pangan lokal tingkat Kabupaten di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, Desa Hiliweto, Kecamatan Gido. Senin, (30/07/2018)
Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), berbahan baku non beras berbasis pangan lokal di sulap dengan sentuhan kreativitas para peserta yang berasal dari perwakilan kelompok tani tiap kecamatan menjadi aneka menu masakan yang sangat lezat.
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, Fonaso Laoli, A.Md, SE dalam laporannya mengungkapkan jumlah peserta lomba. 
“Kabupaten Nias yang terdiri dari 10 kecamatan telah mengutus perwakilannya dan pada perlombaan tahun ini bertambah satu kelompok yaitu dari unit darma wanita Dinas Pertanian”. Jelas Kadis
Dari hasil penilaian juri, Fonaso Laoli menambahkan Kabupaten Nias nantinya akan mengutus juara satu pada lomba pangan non beras tersebut untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Sumatera Utara.
Diakhir penyampaiannya, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias itu mengatakan “melalui lomba pangan non beras, mari kita tingkatkan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) agar hidup sehat, aktif dan produktif serta mendukung terwujudnya kedaulatan pangan”. Ujar Fonaso Laoli mengakhiri
Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM yang turut hadir pada kesempatan tersebut 
Dalam sambutannya, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan kebutuhan dasar bukan hanya beras, namum pangan non beras juga adalah bagian dari dasar kebutuhan pokok masyarakat.
“Beras bukanlah satu satunya kebutuhan pangan, karena pangan non beras juga adalah bagian dari kebutuhan yang nilai gizinya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu saya mengharapkan agar dinas terkait terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengkonsumsi pangan non beras”. Imbuh Bupati Nias
Bupati Nias pada kesempatan tersebut juga berpesan kepada dinas terkait agar memupuk motivasi masyarakat untuk bertani di setiap halaman rumahnya.
Dari pantau awak media ini ke 6 dewan juri berasal dari instansi yang berbeda yaitu dari Unsur pengurus PKK Kabupaten Nias, Unsur Darma Wanita Kabupaten Nias, Dinas Kesehatan, Tataboga dan Pegawai Dinas Pertanian 
Hadir pada acara tersebut Bupati Nias, Para Kepada Dinas, Camat dan para peserta lomba. (Albert)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + nine =

Rekomendasi Berita