by

Awali Tahun 2022, Ketua DPC PPWI Lampung Timur Gelar Rakor Perubahan Struktur 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, LAMPUNG TIMUR  – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Lampung Timur Muhammad Aini, gelar Rapat Koordinasi Perubahan Struktural Pengurus  tahun 2022 bertempat di Kantor DPC PPWI Kabupaten Lampung Timur, Rabu (02-01–2002).

Koordinasi awal tahun 2022 ini dimaksudkan untuk perubahan penyusunan pengurus anggota dan silaturahim aantar anggota baru dan lama. Pertemuan dipimpin langsung oleh Ketua DPC PPWI Kabupaten Lampung Timur, Muhammad Aini yang juga sebagai pemred 10 detik.

Ketua Laskar Merah Putih, Marcab Lampung Timur Amir Faisol, sebagai Penasehat, Edo Pimrus Lantainewstv. Wanda Bendahara PPWI DPC Lampung Timur, Indra Pimred Resolusitv.com, Hadir juga berikut Kepala Bidang dan sebagian Anggota DPC PPWI yang baru dan yang lama.

Imam dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk membangun komunikasi, saling memperkenalkan diri dan silaturahim antar calon pengurus, anggota PPWI yang baru dan lama, untuk koordinasi sesama pers di Kabupaten Lampung Timur dalam upaya membentuk perubahan struktural organisasi DPC PPWI Lampung Timur.

Penasehat DPC PPWI Lampung Timur, Amir Faisol, S.H menambahkan, akan mendukung penuh bangkitnya DPC PPWI Lampung Timur.

“Organisasi di Kabupaten Lampung Timur ini bukan hanya satu tetapi banyak, DPC PPWI ini juga organisasi besar,” Ujarnya.

Tambahnya, DPC PPWI bersama-sama dengan DPC organisasi yang lain di Kabupaten Lampung Timur ini harus mencarikan obat supaya bisa melihat bahwa di Kabupaten Lampung Timur ini banyak organisasi.

Dalam undang-undang nomor 40 th 1999, pasal 7 ayat (1) tentang wartawan bebas memilih organisasi wartawan,  maka para wartawan yang tergabung di PPWI perlu mengadakan pertemuan untuk menyusun struktur organisasi DPC PPWI, Lampung Timur.

Dari pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan dan kesiapan dalam wadah lembaga Pers PPWI sebagai naungan mereka dalam melaksanakan tugas profesi jurnalis, sebagai pelaksanaan dari Pasal 7 ayat (1) UU pers.

Maka tersusunlah struktur organisasi DPC PPWI Lampung Timur dengan  Muhammad Aini yang akrab dipanggil Aini sebagai ketua, Jauhari sebagai Wakil Ketua, Indra sebagai Sekretaris dan Wanda sebagai Bendahara dan Edo memegang peran pengendali DPC PPWI Lampung Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Narso, dari Lantainewstv memaparkan agar dalam menyusun berita memenuhi kaidah jurnalis, yaitu 5W 1H ditambah 1S, yaitu scurity, agar kita aman.

“Kita bangun kerjasama dan koordinasi antar DPC PPWI di Kabupaten satu dengan lainnya dalam wilayah Lampung, agar dalam melaksanakan tugas jurnalis saling bantu dan tidak sendiri, sebab tugas jurnalis ini tidak ringan, selain dihadapkan dengan para oknum preman, juga rawan dengan masalah hukum”, paparnya.

Dia menambahkan bahwa wartawan perlu memahami karya tulis yang merupakan produk jurnalis agar tidak terjebak dalam pelanggaran Undang-Undang ITE.

“Kita sebagai wartawan perlu memahami karya tulis yang merupakan produk jurnalis agar tidak terjebak dalam pelanggaran Undang-undang ITE Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), Pasal 27. Maka agenda ke depan kita adakan semacam workshop, diklat cara menyusun karya jurnalis yang sesuai SOP dan tidak melanggar hukum”, imbuhnya.

Sementara Andre, memaparkan, peran serta pers sebagai alat kontrol sosial, edukasi dan agent of change dalam proses demokrasi dan pembangunan, termasuk membantu kegiatan sosial dan menginformasikan tentang aplikasi food media dan mengajak teman-teman agar mempunyai usaha untuk menambah income atau pemasukan selain bekerja sebagai wartawan di perusahaan pers.

“Saya sepenuhnya akan mendukung kinerja organisasi DPC PPWI Lampung Timur, agar menjadi semakin maju khususnya di Kabupaten Lampung Timur,” pungkasnya. (Andri)

Comment

Rekomendasi Berita