by

Babinsa Karang Harjo Koramil 0824/07 Sempolan Atasi Kesulitan Air

Babinsa Karang Harjo bersama masyarakat dan mahasiswa mebenahi penampungan air.[Sis/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER –      Bertempat di Desa Karang Harjo Kec Sempolan Kab Jember pada Kamis 16/02/2017 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan kerja bakti yang diinisiasi Babinsa Kopka Obedullah bersama adik-adik mahasiswa yang KKN disana dan masyarakat dengan sasaran pembenahan Penampungan Air sebagai satu-satunya sumber air yang memberikan penghidupan bagi 150 KK masyarakat desa tersebut.
Kegiatan bermula dari keluhan masyarakat terhadap kecilnya arus air sumber sebagai satu-satunya air yang disalurkan kepada 150 KK didesa Karang Harjo melalui pipa air, sehingga kebutuhan akan air untuk mandi, cuci dan memasak bergantung pada saluran air sumber tersebut, karena desa tersebut tergolong desa yang terletak di dataran tinggi wilayah paling timur Kab Jember.
Dengan Kondisi tersebut dan seijin Kepala Desa setempat akhirnya dilaksanakan kerja bakti dengan melibatkan Babinsa, Mahasiswa KKN 12 orang dan masyarakat 37 orang, dibawah koordinator Babinsa mengadakan penelusuran jalur hingga ke tandon air yang terletak di ketinggian.
Dari hasil penelusuran tersebut ternyata dapat diketahui mengapa debit airnya kecil dikarenakan adanya pipa yang jalurnya tidak beraturan karena tanah yang disandari pipa tersebut longsor terkikis air hujan bahkan sampai ada yang bocor.
Pada kesempatan tersebut akhirnya langsung diadakan langkah-langkah penanganan oleh Babinsa bersama masyarakat dan air saat ini kembali normal sampai kerumah-rumah, Sunarto 45 tahun warga setempat saat kami wawancarai usi kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pak Babinsa, untungnya ada Pak Babinsa yang mau mengadakan kerja bakti bersama kami, sehingga kami dan warga masyarakat sudah dapat menikmati air sumber kemali dalam keadaan normal seperti biasanya. Ibmbul Sunarto.
Danramil 0824/07 Sempolan Kapten Inf Sondah Krisyamto saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut, dan dirinya sudah memerintahkan langsung kepada Babinsa untuk mengadakan langkah-langkah semestinya dan apabila kekurangan tenaga akan kita dukung dari koramil sini.
Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat kami konfirmasi juga menyampaikan terima kasih kepada anggota jajarannya yang dapat mengambil inisiatif membantu masyarakat, sehingga keberadaan anggota dilapangan sangat bermanfaat dan dibutuhkan serta dicintai oleh masyarakat.
Disamping itu Letkol Inf Rudianto menegaskan langkah-langkah tersebut tentunya sesuai dengan program pembinaan teritorial yang mampu mengajak masyarakat menyelesaikan permasalahan sarana umum disekitarnya dengan jalan kerja bakti gotong royong, bahkan selaras dengan point terakhir 8 wajib TNI “ Menjadi Contoh dan Mempelopori Usaha-usaha Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat Disekelilingnya”.  (sis24)

Comment