by

Bupati Nias Lepas Peserta Gerak Jalan Sadar Pilkada Serentak 2018

Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM saat melepas peserta Gerak Jalan Sadar Pilkada.{Marinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, KPU Kabupaten Nias gelar Gerak Jalan Sadar Pilkada Serentak yang dilaksanakan di Halaman Dinas Pertanian di Hiliweto Gido, Minggu (29/10).

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM yang berkesempatan hadir pada momen tersebut, dalam sambutannya sesaat sebelum melepas secara resmi para peserta Gerak Jalan Sadar Pilkada mengatakan, bahwa pemilihan secara langsung adalah, hak seluruh warga yang terdaftar sebagai pemilih bagi yang telah memenuhi syarat, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) khususnya, Kabupaten Nias.

Dalm hal penyelenggaraan, khususnya oleh KPU Kabupaten Nias dari beberapa pelaksanaan pemilihan umum beberapa tahun terakhir, Bupati Nias atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Nias yang telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik khususnya pelaksanaan pesta demokrasi di daerah ini.

Selain itu, Bupati menghimbau secara khusus kepada pemilih pemula dan umumnya pemilik hak pilih secara keseluruhan, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada serentak tahun 2018 yang akan datang, dengan harapan agar pengguna hak pilh lebih mengedepankan kepentingan nasional secara umum, dan kepentingan Kabupaten Nias secara khusus.

Sebelumnya, ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo, S.Th pada penyampaiannya mengatakan bahwa, Pemilihan Kepala Daerah secara Serentak tahun 2018, adalah merupakan gelombang ke-3 dari dua rangkaian Pilkada serentak sebelumnya, yang dimulai pada tahun 2015.

Maka dengan itu, menurut Abineri Gulo, pelaksanaan Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan datang, merupakan perwujudan pesta demokrasi di tingkat lokal, dimana ruang konsentrasi dan partisipasi politik dibuka seluas-luasnya dengan harapan terpilihnya pemimpin daerah yang memiliki kompetensi, integritas dan akseptabilitas.

Selanjutnya Abineri Gulo tentang pelaksanaan Gerak Jalan Sadar Pilkda 2018 sesungguhnya bukanlah seremonial belaka, melainkan pijakan awal untuk membangun Gerakan Sadar Pemilu (GSP) secara berkelanjutan. Dengan harapan seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi, berkolaborasi secara bersama-sama guna menyadarkan publik bahwa Pemilu/Pemilihan adalah sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat.

Mengakhiri penyampaiannya, Abineri Gulo kepada pemilik hak suara, agar menggunakan haknya yang sakral dan fundamental karena suara yang dituangkan dalam bentuk coblosan di surat suara sebagai sarana pemindahan kekuasaan dari pemilih sebagai pemegang kedaulatan atas negara/daerah, kepada yang akan bertanggungjawab dan melayani rakyat.

Pelaksanaan Gerak Jalan Sadar Pilkada oleh KPU Kabupaten Nias tersebut, diikuti oleh Bupati Nias, Fokompida, Pimpinan SKPD, Para Camat, Ketua Panwslu, Seluruh Komisioner KPU Nias, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama, Pemuda , Para Pelajar, Awak Media, serta sejumlah Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi. (Rinus)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + nineteen =

Rekomendasi Berita