by

Cegah Sebaran Covid -19, PMM 89, UMM Bagikan Masker Kepada Warga Kelurahan Manggar

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Dalam situasi pandemi Covid-19, roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

Pandemi Covid – 19 ini mengharuskan masyarakat untuk tetap mengikuti aturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah yang disebut new normal dan mengikuti protokol yang ada.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut bahwa mengatakan, new normal bukan berarti tidak lagi menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

New normal ialah bertindak produktif namun tetap memastikan aman dari penularan virus corona.

“Kita harus produktif, namun tetap aman dari Covid-19,” ujar Yuri.

Menerapkan fase new normal, kata Yuri, harus menjadi perhatian dan kesadaran bersama. Dalam fase tersebut masyarakat tetap menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan tetap menjaga jarak fisik saat berkomunikasi.

Terkait hal itu, dua Mahasiswi, Tri Setia dan Anita Widiyanti, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 89 Gelombang 9 melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) sebagai pengganti PKL.

Dalam giat PMM tersebut,  Anita dan Tri membagikan masker dan membuatkan video 6 langkah cuci tangan.

Kegiatan pembagian masker dilakukan di dua tempat. Lokasi pertama yaitu di Kec Balikpapan Timur keluarahan Manggar RT 38 dan JL. Proklamasi No.28 Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut Anita, di lokasi pertama ditemukan beberapa warga kelurahan Manggar tidak menaati protokol yang ada seperti tidak memakai masker pada saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk itu dua Mahasiswi ini melakukan diskusi dengan Saniah, Ketua RT 38 keluarahan Manggar untuk membagikan masker dan membuatkan video 6 langkah cuci tangan agar dapat menyadarkan warga mengenai pentingnya new normal dan kepedulian kepada sesama untuk memutus rantai-rantai penyebaran Covid-19.

Anita dan Tri membagikan masker kepada warga dan masyarakat yang melewati Jl. Proklamasi, keluarahan Manggar tanpa masker pada saat berktivitas di luar rumah.

Mereka juga menghimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker di luar rumah.

Selain itu dua Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang, Anita Widiyanti dan Tri Setia yang sedang menjalani program PMM ini juga membagikan masker kepada para pedagang yang berjualan di Jl. Proklamasi, Kelurahan Manggar seperti warung makan, bengkel, penjual ikan yang berktivitas tidak memakai makser.

“Harapan kami semoga dengan adanya pembagian masker dan video 6 langkah cuci tangan bisa menyadarakan masyarakat kelurahan Manggar RT. 38 sedang beraktivitas dan beribadah di luar rumah dapat selalu mematuhi protokol yang ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. ujar Anita dan Tri

Lokasi kegiatan pembagian masker yang kedua dilaksanakan di Jl. Mulawarman, Kelurahan Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di lokasi kedua ini Anita dan Tri membantu satpol PP dalam kegiatan razia membagikan masker kepada penggendara motor maupun mobil yang tidak memakai masker.

Anita menambahkan, pada Selasa (1/9/2020) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menerapkan Peraturan Walikota No 23 Tahun 2020 tentang peningkatan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang tidak mengunakan masker akan diberikan sanksi berupa denda sebesar Rp 100 ribu – Rp. 1 Juta atau membersikan fasilitas umum.

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau disingkat PMM merupakan suatu kegiatan penganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang.

PMM Baktimu Negeri adalah program yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa UMM khususnya mahasiswa semester 6 Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan Universitas Muhammadiyah Malang khususnya kelompok 89 gelombang 9.

Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Alifah Nabilah Masturah, S.Psi., M.A.

Untuk dapat mengakses platform kelompok kami membuat beberapa media sosial seperti Instagram dan Youtube yang bisa di akses kapanpun dan dimanapun, semua informasi seputar PMM UMM kelompok 89 akan selalu di update melalui akun Instagram @pmm.umm.balikpapan dan youtube kami yaitu PMM UMM Balikpapan.[Gf]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =

Rekomendasi Berita