by

Debat Pertama Cagub/Cawagub DKI, Tentukan Pilihan Swing Voters

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – KPU DKI Jakarta akan menggelar debat perdana cagub-cawagub DKI malam ini sekitar pukul 20.00 WIB. Debat yang akan dipandu Ira Kusno dan disiarkan secara langsung oleh Net TV, TV One, dan Jawa Pos TV, diprediksi akan sangat menarik karena momen ini adalah pertama kali ketiga pasangan cagub-cawagub hadir dalam acara debat.

Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Jumat (13/1/2017) mengatakan, debat perdana ini akan sangat menentukan kemana arah suara para pemilih yang belum menentukan pilihan dan yang masih bimbang dengan pilihannya (swing voters).

Dia memprediksi, setelah debat nanti angka pemilih yang belum menentukan pilihan dan yang masih bimbang atau pemilih galau, jumlahnya akan turun drastis.

Selama ini, kata dia, elektabilitas ketiga kandidat cukup ketat dan ini juga yang membuat debat menjadi penting untuk salah satu calon meninggalkan pesaingnya. “Saya kira setelah debat, pemilih yang belum menentukan pilihan dan masih bimbang akan turun hingga 10 persen,” ujarnya.

Arya mengatakan, debat perdana nanti bisa menjadi ajang bagi Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat untuk bisa membeberkan apa saja yang sudah mereka lakukan di Jakarta. Sedangkan untuk Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, debat nanti akan lebih banyak menjelaskan apa yang mereka tawarkan untuk Jakarta. Selain itu, debat juga harus dimanfaatkan untuk membeberkan apa yang membedakan mereka dengan calon petahana, Ahok-Djarot. “Namun harus tetap rasional tentunya,” ujar Arya,

Arya sendiri belum bisa memrediksi pasangan mana yang akan menang dalam debat nanti. Salah satu alasannya adalah karena kehadiran Agus yang baru pertama kali mengikuti debat menuju Pilgub DKI 2017. Selain itu, Arya menilai semua kandidat memiliki pola komunikasi dan program yang baik untuk warga Jakarta.[tb]

Comment