by

Dinkes Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella di Tanggamus.

Foto/iyan/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, TANGGAMUS – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, melaksanakan kegiatan Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Tanggamus, yang dilaksanakan di Aula Hotel 21, Gisting. Selasa/17/Juli/2018. 
Kegiatan tersebut dihadiri sekaligus dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi Drs. Firman, mewakili Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin. Dengan Narasumber Drg. Anita Andriyani, selalu Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.
Sosialisasi tersebut dihadiri juga oleh Perwakilan dari Polres Tanggamus, Kodim 0424, Ketua MUI Tanggamus, Kemenag Tanggamus, TP PKK, IBI, PPNI, OPD Pemkab Tanggamus, para Camat, para UPT Kesehatan, serta jajaran Dinas Kesehatan Tanggamus.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Sukisno, M.Kes, mengatakan bahwa pembangunan bidang kesehatan di Indonesia saat ini mempunyai beban ganda yakni masalah penyakit menular dan penyakit degeneratif.  Imunisasi merupakan salah satu tindakan pencegahan penyebaran penyakit yang terbukti sangat efektif.
“Sasaran pelaksanaan kampanye imunisasi MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan 5 tahun, dengan target capaian cakupan 100 % dari sasaran, ujar Sukisno.
“Sedangkan waktu pelaksanaan pada Agustus 2018 di Sekolah PAUD, TK, SD, SMP, dan pada bulan September dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya. Demikian juga terhadap anak yang nantinya usianya memasuki usia imunisasi ini, akan diberikan imunisasi di seluruh fasilitas kesehatan Pemerintah yang melayani imunisasi, secara gratis,” tambahnya.
Sementara Asisten Bidang Administrasi yang menyampaikan sambutan tertulis Pj. Bupati mengatakan bahwa rencana pelaksanaan kampanye imunisasi ini tentunya tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya. 
“Oleh karena itu saya menghimbau dan berharap dukungan dan peran serta aktif lintas sektoral dan kita semua. Peran yang dapat dilaksanakan dapat berupa sosialisasi dan mobilisasi sasaran kampanye dan berharap pelaksanaan kampanye ini dapat berjalan dengan lancar,” tandas Firman.
Usai pembukaan kegiatan, dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama, untuk mensukseskan kegiatan Kampanye Imunisasi MR di Kabupaten Tanggamus oleh Bupati dan jajaran serta stakeholder di Kabupaten Tanggamus.
Selanjutnya dalam Sosialisasi yang disampaikan oleh Narasumber Drg. Anita Andriyani, dikatakan bahwa penyakit Measles atau yang dikenal dengan Campak dan Rubella merupakan penyakit yang ringan tetapi memberikan dampak komplikasi yang sangat berbahaya, yang dapat mengakibatkan radang paru, radang otak, kebocoran jantung, kebutaan, gangguan pendengaran, serta terhambatnya pertumbuhan dan gizi buruk. 
“Bahkan jika ada anak yang terkena, dapat juga menular pada ibu hamil dan bayi yang dikandung oleh si ibu. Oleh karenanya imunisasi ini sangat penting dilakukan terhadap anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, agar seluruh anak Indonesia, termasuk di Kabupaten Tanggamus terhindar dari penyakit MR ini,” tambahnya. (*/Iyan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =

Rekomendasi Berita