by

Dodol Dan Bir Pletok, Kuliner Betawi Di Festival Pantun Kampung Pela

Bir Pletok, minuman khas Betawi[Gofur/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Festival Pantun Kampung Pela yang digelar selama dua hari, Sabtu-Ahad (18/19/11/2017) di sepanjang jalan Bangka Raya memberikan jajanan dan penganan serta minuman ala Betawi.
Salah satunya adalah Bir Pletok dan Dodol Betawi. Para pembeli dodol, sebelumnya diberikan colekan dodol yang masih diaduk di penggorengan besar.

“Ayo mbak, dicoba aja silakan.” Ujar penjual dodol dan bir pletok kepada calon pembeli sambil senyum merekah.

Festival Pantun Kampung Pela yang pertama diselenggarakan oleh Panitia yang juga Karang Taruna Kelurahan Pela Mampang ini membuat surprise dengan kuliner Betawi yang sudah langka. Selain penganan kuliner khas Betawi seperti dodol dan bir pletok, FPKP juga menawarkan Kerak Telor yang gurih dan renyah.

Bir pletok bukan sembarang minuman tetapi minuman khas Betawi ini memiliki ramuan yang dapat menyehatkan dan menghangatkan badan. 

Lurah Pela Mampang, Mariana, S.H, MSi mengatakan, event Festival Pantun Kampung Pela ini berkumpul banyak pedagang lokal dan dirinya berharap mudah-mudahan dapat membangun ekonomi warga sebagai bagian peningkatan UMKM.

Minuman dengan warna merah yang berasal dari batang tumbuhan ini tidak berbahan pengawet dan tidak memabukkan hanya dibandrol dengan harga Rp.5000,-(Lima ribu rupiah).[gf] 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 8 =

Rekomendasi Berita