by

DPR Minta Impor Sarden Mengandung Cacing Dihentikan

Sarden Makarel
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Pernyataan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek yang menyatakan cacing dalam makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar, membuat anggota DPR RI meradang.
Salah satunyam, Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani. Menurut politikus Partai Nasdem itu, berdasarkan pernyataan BPOM, cacing tersebut bisa menimbulkan alergi dan sakit perut. Dirinya heran mengapa Menkes bisa bicara seperti itu.
“Karena makanan kaleng yang mengandung cacing, selain menjijikkan dan bisa bikin alergi dan sakit perut tentu tak layak konsumsi,” kata dia melalui pesan singkat, Minggu (1/4/18).
“Masih banyak makanan yang sehat dan layak konsumsi.”
Dirinya menyarankan agar sebaiknya Indonesia menghentikan impor makanan ikan makarel. Sebab, bukan hanya membahayakan, impor ikan makarel juga tidak menguntungkan Indonesia secara perekonomian.
“Impor ikan makarel justru lebih banyak membawa mudarat karena mengandung cacing. Stop saja impornya. Cari jenis ikan lain yang ada di perairan Indonesia. Tak perlu ikan impor untuk makanan kaleng kita,” kata dia.
Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan bahwa cacing pada ikan makarel kaleng yang heboh belakangan ini tidak berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar. Menurut Nila, cacing justru mengandung protein.
“Setahu saya itu (ikan makarel) kan nggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi atau dimasak lagi. Cacingnya matilah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh saja tapi saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. InsyaAllah nggak kenapa-kenapa,” kata Nila di gedung DPR RI, Kamis (29/3/18). [ipk]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =

Rekomendasi Berita