by

Dukung Arahan Gubernur, Distamhut Gelar Gowes Santai Dan Rekreasi

-Metro-17 views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut,red) Provinsi DKI Jakarta, Ir. Suzi Marsitawati, S.Sos,M.Si melakukan kegiatan Gowes sepeda beserta seluruh jajaran pegawai dan PJLP Distamhut di Taman Margasatwa Ragunan (TMR,red), Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020).

Kegiatan gowes ini bentuk nyata Distamhut dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah dan arahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tentang “Bersepeda Menuju Kota Sehat”.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat, mari lihat sepeda bukan sekadar sebagai alat olah raga, tapi sebagai alat transportasi. Jadi, kalau mau pergi ke warung, bisa naik sepeda. Mau pergi ke toko, bisa naik sepeda. Mau pergi ke rumah ibadah, sepeda. Mau ke kantor bisa naik sepeda,” ujar Anies beberapa waktu lalu.

Kadistamhut DKI Jakarta mengatakan, nantinya kegiatan gowes santai ini akan diagendakan setiap hari Jumat pagi di semua wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“Gerakan sehat gowes santai sambil rekreasi ini merupakan awal permulaan yang nantinya akan dijadwalkan setiap Jumat pagi di 5 wilayah DKI Jakarta, sekaligus memperkenalkan taman-taman kita kepada publik,” kata Suzi kepada awak media.

Gowes santai ini memakan jarak lebih kurang 5 KM mengelilingi Taman Margasatwa Ragunan. Sesekali Kadistamhut dan jajaran mengabadikan momen dengan swafoto dengan background binatang hingga danau.

Dalam kesempatan yang sama, Ir.M.Fajar Sauri, M.Si, Kabid Pertamanan dam Hutan Kota DKI Jakarta mengatakan, sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga, tapi sebuah solusi dalam mencegah pencemaran polusi udara. Ini yang kita syukuri apa yang telah dan terus diperjuangkan Gubernur Anies, sesuai slogannya maju kotanya bahagia warganya.

Tampak hadir pejabat teras 5 wilayah DKI Jakarta, H.Winarto, SP,M.Si, Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan.

Dirinya mengatakan, Jumat (13/11/2020) pagi hari ini ikut merasakan merayakan penggunaan sepeda secara bersama-sama dengan Ibu Kadis, Pak Kabid beserta jajaran Dinas, disamping itu Kasudin 5 wilayah juga ikut serta dalam gowes ini.

Hal ini seperti yang disampaikan Bapak Gubernur Anies bahwa, yang selama ini mayoritas memandang sepeda sebagai alat olahraga, sport, harus diubah jadi transport. Nah, ini yang sedang kita kerjakan, dengan adanya infrastruktur itu, harapannya pengemudi sepeda merasa lebih nyaman kalau ada di jalan menggunakan sepeda-sepeda transport.

Hal senada disampaikan Putut Widya Martata, Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Utara.

Menurutnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini banyak orang memilih bersepeda untuk tetap berolah raga. Terlebih ada himbauan secara langsung dari Bapak Gubernur Anies, dan hari ini kami bersama Ibu Kadis beserta jajaran Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta ber-gowes secara bersama-sama di TMR ini. Selain mudah dan menyenangkan, bersepeda juga berdampak bagus untuk lingkungan. Bersepeda pun dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mampu mengurangi kemungkinan mengalami banyak masalah kesehatan.

“Dengan bersepeda, kita semua bernafas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan,” terang Putut.

Sehat Nomor Satu, Gaya Nomor Sekian
Kalau kata orang, pilihlah sesuatu yang membuatmu nyaman. Begitupun dengan sepeda karena akan dipakai setiap hari untuk gowes. Nyaman dalam artian sesuai dengan keinginan dan nyaman pula untuk kantong kamu. Jangan kebanyakan gaya.

Kalau cuma mau ikut-ikutan tren dan gengsi, kamu pasti tak segan-segan merogoh kocek dalam untuk membeli sepeda, meskipun harus berutang. Akan tetapi, jika didasari pada kebutuhan dan pertimbangan isi dompet, kamu akan menahan diri dari segala jurus rayuan pemilik toko untuk memboyong sepeda dengan harga mahal. Yang penting kan manfaat dan sensasinya, bukan harganya.

Apalagi kini di Jakarta dan beberapa kota lain sudah ada jalur khusus sepeda. Jadi tidak bakal diganggu lagi pengendara motor dan mobil. Jika tidak suka dengan keramaian, kamu bisa gowes sepeda seorang diri. Lebih bebas, nggenjot sepeda ke manapun tidak ada yang mengusik. Waktunya pun bisa kamu sesuaikan, mau pagi hari, sore, atau malam hari, masing-masing memiliki sensasi tersendiri. [HRS/Yandi P]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 20 =

Rekomendasi Berita