by

Pelatihan Jurnalistik Dan Pengelolaan Website Di UNTIDAR Magelang

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JATENG – Informasi dari perguruan tinggi menjadi salah satu berita yang dicari oleh masyarakat. Sehingga menjadi hal penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk mengunggah berita-berita terkini (up to date).

Website perguruan tinggi yang bersangkutan harus dikelola dengan baik dimulai dengan pemberitaan yang baik dan menarik.

Menyikapi hal penting tersebut Humas Universitas Tidar (UNTIDAR) menyelenggarakan ‘Pelatihan Penulisan Artikel dan Pengelolaan Website di Lingkungan UNTIDAR Tahun 2020’.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 tenaga kependidikan (tendik) itu digelar di Hotel Puri Asri Kota Magelang, Jumat (13/11/2020).

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama UNTIDAR, Drs. Giri Atmoko, M.Si saat mebuka kegiatan menyampaikan perlunya peningkatan peran kehumasan dan peningkatan pengelolaan website kampus. Dengan maksud agar kiprah Universitas Tidar semakin baik dan dikenal masyarakat.

“Sehingga diharapkan segala kegiatan perkuliahan, kemahasiswaan, prestasi, dan informasi terkini UNTIDAR segera dapat tersampaikan ke masyarakat,” harapnya.

Dalam pelatihan kali ini dihadirkan narasumber Fitria Khairum Nisa, S.I.Kom., M.Si, Dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNTIDAR yang menyampaikan materi tentang penulisan artikel.

Kemudian dua narasumber dari Adi Daya Permana dan Narwan Sastra Kelana. Masing-masing menyampaikan materi teknik penulisan artikel ilmiah popular dan ilmu jurnalistik serta pemberitaan.

Pada sesi jurnalistik, selain mendapatkan materi, para peserta juga langsung praktik menulis sebuah berita. Ternyata para paserta sudah mampu menyerap materi yang disampaikan pemateri.

“Dalam pemilihan kata dan penyusunan kalimat peserta sudah bagus, serta tidak meninggalkan kaidah jurnalistik dengan pedoman 5W+1H. Tinggal masing-masing mengembangkannya, terus berlatih menulis,” kata Narwan, salah satu narasumber.

Di akhir kegiatan para peserta mendapatkan materi Penggelolaan Website di Lingkungan UNTIDAR yang dipaparkan oleh pemateri Kepala UPT TIK UNTIDAR, Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T. Dalam paparannya, Sigit menandaskan untuk pengelolaan website UNTIDAR ke depan harus lebih baik. Sehingga saat masyarakat mengaksesnya, masyarakat akan mendapatkan informasi terbaru dari UNTIDAR.

“Melalui pelatihan-pelatihan yang diagendakan, diharapkan para operator lebih intens dalam mengunggah informasi melalui website masing-masing,” kata Sigit. [Agung Libas]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 6 =

Rekomendasi Berita