by

Gerak Cepat Buser Konstruksi Sudin Kehutanan JakSel Atasi Longsor

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA –  Cuaca hujan disertai angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Jakarta hari ini. Warga pun diimbau untuk waspada. BMKG mamprediksi cuaca berawan akan terjadi merata di wilayah Jakarta sepanjang pagi hari. Pada siang hari hujan diperkirakan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. 
Sedangkan pada malam hari cuaca berawan kembali merata di wilayah Jakarta. Kondisi itu diperkirakan berlangsung hingga dini hari.
Sepanjang hari ini, suhu di Jakarta diperkirakan berkisar 24 sampai 32 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara berada di kisaran 65 sampai 100 persen.
Hal ini seperti yang disampaikan BMKG di laman resminya, pada Senin (10/12/2018), bahwa waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari.
Hujan deras dan angin kencang yang  ada di dalam area Taman Salam, Jl.Jati Murni, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengakibatkan tanah longsonr rumah warga di RT 03 RW 04, Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada pukul 14.00 wib, Senin (10/12/2018),”Hari ini hujan lebat dan angina kencang, belakang rumah saya longsor. Alhamdulillah tidak ada korban,” jelas Amin Hasan pemilik rumah yang tanahnya longsor.
Hal ini dibenarkan oleh Tukiyanto, Pengawas Tim Kontruksi Sarana dan Prasarana Dinas Kehutanan, Jakarta Selatan ,”Benar ada tanah longsor, kami saat ini sedang melakukan pembenahan. Kejadian ini hanya tanah longsor biasa saja. Dalam kondisi dan cuaca saat ini, kami sigap untuk mengantisipasi kejadian yang sama. Ada beberapa lokasi yang menjadi perhatian kami, seperti di Taman Jagakarsa,  RTH Gintung. Dua lokasi perlu adanya antisipasi, “ jelas Tukiyanto kepada Lapan6online.com, pada Senin (10/12/2018).
Sementara itu secara terpisah Wawan, SH selaku Kasatpel Sudin Kehutanan Jakarta Selatan terkait peristiwa tanah longsir tersebut menambahkan,”Kami tetap siaga dilokasi, 20 personel Buser Sapras Kontruksi Sudin Kehutanan JakSel ditambah 10 personal dari Pertamanan, saat ini kami sedang melakukan pembenahan. Alhamdulillah tidak ada korban dari kejadian tersebut,” tambah Wawan. 
Tim Buser Kontruksi Sapras Sudin Kehutanan Jakarta Selatan hingga pada Rabu (12/12/2018) masih melakukan pembenahan.
“Mudah-mudahan saja cepat selesai, kami tanam rumput juga. Kesigapan tim gabungan diharapkan mempercepatan pembenahan tanah longsor ini, terlebih kondisi cuaca Jakarta di bulan Desember harus tetap kita waspada,” pungkas Tuki.
Secara umum, wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan. Tak terkecuali wilayah DKI Jakarta.
Intensitas-nya pun bervariasi mulai dari ringan, sedang hingga lebat.
Bagi Anda warga DKI Jakarta yang akan beraktivitas pada Rabu (12/12/2018), sebaiknya simak prakiraan cuaca untuk esok hari seperti yang ada di laman bmkg.go.id berikut. BMKG juga memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur antara siang dan sore hari. Mangsur/Jack/Sidik.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nine =

Rekomendasi Berita