by

Hari Listrik Nasional, PLN UP3 Nias Resmikan Jaringan Listrik Di 8 Desa

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam suasana perayaan hari listrik Nasional ke – 75 tahun 2020, PT. PLN (Persero) UP3 Nias meresmikan jaringan listrik di 8 desa untuk 3 kecamatan secara serentak di wilayah Kepulauan Nias.

Kepada media ini, Asmen Manajer Bagian SDM, Cosinus Pane mengungkapkan 8 desa yang baru saja menikmati terang tersebut.

“Secara serentak kita resmikan Lisdes di 8 desa untuk 3 kecamatan. Ke delapan desa tersebut antara lain : Desa Akhelauwe dan Desa Loloana’a yang ada di wilayah Kecamatan Gido, Kabupaten Nias; Desa Awoni Lauso yang berada di Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias. Sedangkan 5 Desa lainnya berada di Kecamatan Aroma, Nias Selatan yaitu Desa Aroma, Desa Hiligafoa, Desa Hiliamouzula, Desa Hilisawato, dan Desa Balohao,” ungkap Cosinus.

Ia juga menjelaskan, jaringan listrik yang baru saja diresmikan akan menerangi para pelanggan PLN.

“Untuk 8 desa yang hari ini kita resmikan dibangun jaringan sepanjang 18,77 KMS dengan gardu distribusi berkapasitas 625 KVA yang dapat melayani calon pelanggan 425,” jelasnya.

Di lokasi acara yang dipusatkan di Desa Akhelauwe Kecamatan Gido tersebut tampak hadir Bupati Nias, Ketua DPRD Kabupaten Nias, Pj. Bupati Nias Selatan yang di wakili oleh Gayus Duha, Manager ULP PLN Nias beserta jajaran, Camat Gido dan para kepala desa serta masyarakat penerima manfaat terang.

Pada sambutannya Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengucapkan terimakasih kepada PLN.

“PLN adalah pembawa terang di dunia dan khusus Pulau Nias, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada Manager ULP PLN, Darwin Simanjuntak bersama asisten manajer lainnya serta jajaran yang telah mengakomodir apa yang telah menjadi kerinduan kami masyarakat Nias untuk menikmati terang,” ucap orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Nias itu.

Pada kesempatan yang sama Manajer ULP PLN Nias, Darwin Simanjuntak menjelaskan jika saat ini kepulauan Nias sudah memiliki aset listrik 75 Mega Watt.

“Saat ini listrik di Kepulauan Nias sudah surplus dengan daya pembangkit 75 Mega Watt, untuk itu ke depan semua Desa akan teraliri listrik. Pada prinsipnya kami terus berjuang untuk melistriki semua desa yang ada di Pulau Nias termasuk di daerah kepulauan, namun tantangannya saat ini adalah belum semuanya daerah mempunyai infrastruktur jalan yang memadai sehingga PLN mempunyai kendala dalam pembangunan jaringan baru,” terang Darwin Simanjuntak.

Lebih lanjut Darwin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Nias dan Nias Selatan karena sudah mendukung PLN dalam melakukan pembangunan jaringan baru di 8 desa yang baru saja di resmikan hari ini.

“Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Nias dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan serta para masyarakat sehingga jaringan listrik di 8 desa yang baru saja kita resmikan hari ini dapat terbangun tanpa ada hambatan,” ucap Darwin

Di akhir penyampaiannya orang nomor satu di PLN Kepulauan Nias tersebut meminta para pelanggan PLN untuk dapat memelihara jaringan yang sudah ada.

Reporter : Albert

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 2 =

Rekomendasi Berita