by

Karyawan PT. PLN Area Nias Tandatangani Pakta Integritas

Karyawan PT. PLN Area Nias saat penanda-tanganan Pakta Integritas.[Khris/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) Nasional Tahun 2018, karyawan PT. PLN (Persero) Area Nias bersama mitra kerja, laksanakan upacara dan penandatanganan pakta integritas di halaman Kantor PT. PLN (Persero) Area Nias Jl. Gomo Kota Gunungsitoli, Rabu (07/02).
Manajer PT. PLN (Persero) Area Nias, Poltak Samosir dalam sambutannya mengatakan, bahwa kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak di kehendaki, karena dapat mengganggu proses suatu aktivitas yang telah diatur.
Menurutnya, kecelakaan tidak terjadi kebetulan, melainkan karena ada sebabnya, dan faktor penyebab kecelakaan harus di teliti dan ditemukan, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan serupa dan tidak terulang kembali.
Poltak lebih lanjut, berdasarkan data yang ada, Indonesia memiliki angka kecelakaan kerja cukup tinggi. Pada tahun 2015 misalnya, angka kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus, sedangkan kecelakaan berat yang berakibat kepada kematian, tercatat sebanyak 2.375 kasus, dari total jumlah kecelakaan kerja, yang artinya setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 5-10%.
Selain itu, aspek kecelakaan sebagian besar terjadi karena perilaku yang tidak aman, (unsafe action) atau kondisi lingkungan kerja yang tidak baik, serta kondisi peralatan kerja yang kurang layak dan berbahaya. Secara umum, kecelakaan kerja yang terjadi antara 80-85% di sebabkan unsafe action dan 10-15% di sebabkan unsafe condition, dimana hal ini di pengaruhi oleh peralatan kerja yang tidak layak pakai serta kurang memenuhi standar.
Di tambahkannya, untuk menghindari kecelakaan kerja, ada beberapa hal wajib yang harus di perhatikan oleh pekerja yaitu: memiliki SDM, kesiapan SOP dan Job Safety analysis serta memiliki kompetensi dalam melakukan pekerjaannya dan di dukung kondisi fisik prima atau mental yang baik serta pengawasan K3 yang wajib memeriksa perlengkapan yang akan di pergunakan.
Pada akhir penyampaiannya, Poltak Samosir mengajak seluruh jajarannya untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga PT. PLN (persero) menjadi perusahaan yang memiliki daya saing di industri ketenagalistrikan serta memiliki karakter yang kuat sebagai perusahaan yang peduli terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja, dan kepada mitra kerja, agar K3 di jadikan sebagai kebutuhan dan bukan beban.
Pelaksanaan peringatan bulan K3 yang mengangkat Tema “Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Mendorong Terbentuknya Bangsa Yang berkarakter”.
Turut hadir pada upacara tersebut, Personil dari Polres Nias, seluruh karyawan/i PT. PLN Area Nias, mitra kerja dari PT. Indah Mandiri Sari, PT. Multi Pilar Indah Jaya, PT. Putera Persada Jaya serta PT. Haleyora Powerindo. (Khristel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 12 =

Rekomendasi Berita