by

Kemauan Dan Kemajuan Kata Penting Menuju Sukses

 

 

 

Oleh: Fury Qonzano, Jurnalis

____________

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Sukses menjadi apa yang kita impikan memang tidak mudah. Banyak kendala dan ujian yang harus dilewati.

Motivasi menjadi salah satu faktor penting untuk mewujudkan cita cita yang kita dambakan.

Kita sering mendengar kata kata yang mampu memotivasi diri baik dari buku atau seminar.

Dari buku dan seminar itu banyak kata atau kalimat yang kita garis bawahi sebagai slogan penting yang kita jadikan pengingat sekaligus membangun semangat.

Dalam kolom ini, saya coba memberi dua kata yang saling memiliki keterkaitan untuk mencapai sukses baik skala besar maupun kecil.

Dua kata tersebut adalah kemauan dan kemajuan. Dua kata ini, bila dicermati bukan saja memiliki keterikatan dan keterkaitan namun juga menjadi padanan yang tepat.

Dua kata inilah yang tidak bisa dilupakan untuk menggenggam kesuksesan tersebut. Bagaimana dua kata itu mampu mengantar kita kepada kesuksesaan?

Dengan kemauan kita bisa sukses menjadi apa yang kita inginkan.

KEMAJUAN atau sukses itu sendiri adalah sebuah kata unik. Bila huruf J yang terdapat pada kata itu dihilangkan maka akan terbaca sebagai KEMAUAN.

Dari sini sudah kita dapati sebuah keterikatan antara kemajuan dan kemauan. Artinya, untuk sebuah kemajuan diperlukan sebuah kemauan besar sebagai modal utama.

Huruf J yang kita ambil dari kata kemajuan itu  menjadi huruf dan sebuah singkatan kata penting untuk sampai pada kemajuan, kesuksesan itu sendiri.

Huruf J tersebut bermakna JIHAD dalam konteks semangat tanpa henti.

Kemajuan pada hakikatnya adalah sebuah kemauan keras seseorang untuk mencapai cita cita dengan kerja sungguh sungguh tanpa kata give up alias  menyerah.

Mari kita urai kata JIHAD sebagai akronim dan cara untuk menggapai kesuksesan.

Jumping, melompat. Harus ada gerakan dan lompatan terarah dengan membuat planning, organizing, actuating dan controlling.

Jumping dalam konteks fisik juga perlu dilakukan dengan mengatur suhu semangat yang stabil. Semangat harus berada pada kondisi hangat, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin.
Kondisi terlalu panas akan menimbulkan demam dan terlalu dingin akan mengakibatkan masuk angin.

Initiative: Ikhtiar atau sebuah endeavor yang kontinu. Lakukan hal yang memiliki keterkaitan dengan planning yang sudah dicanangkan secara kontinu sekecil apapun aktivitas itu.

Hoping: Harapan atau doa. Planning, organizing, actuating dan controlling yang sudah noted dalam agenda pikiran harus dibarengi dengan harapan dan doa agar selalu optimis.

Hoping menjadi penguat mental saat kita merasakan keletihan beraktivitas seharian. Lepaskan semua kinerja dan ikhtiar lalu gantungkan kepada pemilik sukses yang sesungguhnya. Selain sebagai pendorong, hoping juga dapat menjadi pengingat agar kita tetap berlaku seimbang.

Aim:Tujuan. Aim boleh juga dimaknai sebagai goal. Aim atau goal harus didefinisikan secara tepat dengan visi yang jelas. Tanpa aim atau visi, seseorang yang semangat berikhtiar akan saampai di tempat yang salah. Untuk sampai pada sebuah kesuksesan, kita perlu memiliki tujuan itu sendiri.

Dawn: Fajar. Untuk sukses mencapai kemajuan dengan banyak bangun di saat fajar, sebelum ayam berkokok. Lakukan hoping dengan qiyaamul lail.

Waktu fajar adalah saat yang tepat mengorkestrasi seluruh item yang perlu diprioritaskan.[]

Comment

Rekomendasi Berita