by

Korem 083/BDJ Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan

RADARINDONESIANEWS.COM, MALANG – Dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi antara TNI dan Insan Pers di Malang Raya, Korem 083/Bdj menggelar Coffee Morning bersama insan pers di aula Korem 083/Bdj Jln. Letjen Sutoyo kota Malang, Kamis (13/7/2017). 

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik, radio dan media online di wilayah malang. Acara ini menurut Danrem 083/Bdj Kolonel Arm Budi Eko Mulyono yang disampaikan Kepala Penerangan Korem 083/Bdj Mayor Inf M. Tohir rutin diselenggarakan oleh Korem 083/Bdj pada setiap Triwulan guna meningkatkan sinergitas TNI dan insan pers terutama yang ada diwilayah Malang. 

Sementara itu dalam sambutannya Danrem 083/Bdj Kolonel Arm Budi Eko Mulyono yang disampaiakan Kepala Penerangan Korem 083/Bdj Mayor Inf M. Tohir mengatakan bahwa media massa mempunyai peran dan fungsi yang strategis dalam kehidupan masyarakat kita, terutama dalam hal penyediaan berita dan informasi kepada publik. 

Melalui media massa setiap orang dapat menuju titik tertentu, media massa dapat mempengaruhi secara langsung terhadap suatu pokok permasalahan yang muncul ditengah masyarakat, baik negatif maupun positif.

Di tinjau dari sudut peran dan fungsinya, media massa memiliki peran yang strategis, yaitu: fungsi informatif, kontrol, interpretatif dan direktif, penghibur, regeneratif, pengawalan hak-hak warga negara, ekonomi dan fungsi swadaya. Oleh karena itu maka dapat dikatakan bahwa media masa merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia. 

Dengan menjalankan berbagai fungsi tersebut, maka media massa/Pers dapat mempengaruhi opini yang berkembang dalam masyarakat, apakah akan menjadi baik atau sebaliknya semakin buruk, jelasnya. Oleh karena itu, Kapenrem memohon kepada insan Pers yang hadir di acara coffee morning tersebut, agar insan Pers sama-sama mampu menjaga dan meningkatkan profesionalisme untuk membangun Negara ini melalui karyanya yang positif. 

Kemudian Mayor Inf M. Tohir menyampaikan dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI tahun 2017, TNI menggelar lomba foto dan karya tulis artikel untuk kategori prajurit, ASN dan masyarakat umum. Dengan tema lomba : BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT DAN PROFESIONAL, SIAP MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN. 

Lebih lanjut menjelaskan bahwa lomba foto dan karya tulis artikel di tingkat daerah (Kodam) dilaksanakan pada bulan Juni s.d Agustus 2017 oleh Korem jajaran Kodam V/Brw terutama untuk Korem 083/BDJ. Dari hasil seleksi/penilaian tingkat Daerah (Kodam), nantinya akan di pilih 10 foto terbaik untuk masing-masing kategori, dan selanjutnya pada tanggal 21 Agustus  2017 akan dikirim ke Puspen TNI untuk dilakukan seleksi tingkat pusat. Sedangkan untuk lomba karya tulis artikel, untuk masing-masing kategori akan dipilih/diseleksi 6 hasil karya tulis artikel terbaik dan pada tanggal 14 Agustus 2017 akan dikirim ke Puspen TNI untuk dilakukan seleksi tingkat pusat.

Pemenang lomba, sambung Mayor Inf M. Tohir akan diumumkan melalui website www.tni.mil.id tanggal 31 Agustus 2017. Untuk pemenang lomba foto masing-masing kategori (TNI, ASN dan masyarakat umum), berhak mendapatkan hadiah, juara I Rp. 15 juta, Juara II Rp. 12,5 juta dan juara III Rp. 10 juta. Sedangkan pemenang lomba karya tulis artikel pada masing-masing kategori berhak mendapatkan hadiah, juara I Rp. 15 juta, juara II Rp. 10 juta dan juara III Rp. 7,5 juta. Penyerahan hadiah pemenang akan dilaksanakan pada upacara HUT TNI, 5 Oktober 2017 rencananya di Cilegon Banten.

Lebih lanjut Mayor Inf M. Tohir mejelaskan, peserta adalah satu-satunya pemilik sah atas hak kekayaan Intelektual dari foto yang dikirimkan, panitia tidak bertanggungjawab atas segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain, karya yang sudah dikirim menjadi milik panitia dan tidak akan dikembalikan foto-foto peserta sebagai bagian dari publikasi (non komersil dengan tetap mencantumkan hak ciptanya fotografer pemilik).

Adapun persyaratan lomba foto menurut Mayor Inf M. Tohir adalah sesuai dengan tema, lokasi subyek foto berada di Indonesia atau luar Indonesia, yang merupakan aktifitas prajurit TNI periode tahun 2016-2017 dan belum pernah menjuarai lomba, foto bukan hasil manipulasi/edit digital, penyuntingan minor hanya sebatas penyesuaian pencahayaan, tanpa mengubah keaslian obyek foto (montase), foto tunggal dengan ukuran sisi panjang min 3500 PXL dan dalam format JPG min skala 10 (High Resolution) serta materi foto dilengkapi dengan biodata nama/pangkat, alamat sesuai KTA/KTP, nomor HP, alamat email dan judul foto, caption (5 W + 1 H).

Untuk kreteria penilaian lomba foto meliputi : kesesuaian foto dengan tema, keunikan konsep/ide pada foto, pesan/ungkapan emosi pada foto, focus, komposisi dan warna pada foto. Sedangkan persyaratan lomba karya tulis adalah karya individu, gunakan bahasa Indonesia, belum pernah diikutkan dalam lomba karya tulis lain, belum pernah dimuat di media, dilengkapi identitas diri (nama, alamat, no Hp/telp, email dan identitas diri KTP/KTA/SIM). Info lengkap dapat di tanyakan di Penerangan Korem 083/Bdj. (Penrem 083/Bdj)

Comment