by

Kris.DJ Ponataba Minta Gubernur Tetapkan Perdasus Partai Lokal

RADARINDONESIANEWS.COM, JAYAPURA –  Ketua Umum dan juga pendiri Partai Papua Bersatu (PPB) Kris DJ Ponataba mengatakan Gubernur Papua harus tetapkan Peraturan Dearah Khusus (Perdasus) untuk Partai Lokal Papua Bersatu. Agar partai local bisa lolos dalam pilkada 2019 mendatang sesuai amanat UU Otsus.
Menurut Kris, sejalan dengan regulasi tindakan hukum pendaftaran Partai Lokal Papua Bersatu pada KPU Papua bertanggal 2017 lalu, ada sebuah sebuh catatan tindakan hukum yang dilakukan oleh kementerian Hukum dan HAM Rebpublik Indonesia pada tahun 2015 lalu saat pendaftaran telah mengerahkan kembali berita acara dan surat penanda tanganan perbaikan karena lantaran dibutuhkan perdasus sebagai dasar keselamatan Partai Lokal.
Kris.DJ Ponataba

“Pada saat penyerahan dokumen dan klasifikasi Surat Keputusan (SK) Partai Papua Bersatu (PPB) pada 2015 lalu di Jakarta, Kementerian Hukum dan HAM melalui tata hukum Negara melakukan tindakan hukum terhadap rakyat Papua yaitu penanda tanganan berita acara, perbaikan dokumen dan SK sebab hal ini dapat dilakukan kerana sudah memberikan ruang kepada rakyat Papua untuk membentuk Partai Lokal,”katanya seperti dikutip papuakini.co di kediamnnya, Jumat (18/8).

Lanjutnya, beberapa kali kami sudah ajukan semua itu namun terus mengalami penolakan tanpa arguemn yang jelas maka sebagai dasar pendorongnya partai local, gubernur Papua diminta harus tetapkan perdasus terkait Partai Lokal Papua Bersatu.
“Jalan satu-satunya menyelematkan parta lokal ini adalah perlu terbentuknya perdasus karena tanpa perdasus ini pemerintah pusat dalam hal ini melalui kementerian dalam negeri (Mendagri) terus melakukan penolakan,”katanya.
Kris DJ berharap agar Gubernur segera membuat perdasus agar partai lokal ini juga bisa menjadi peserta pemilu 2019 mendatang.
“Kalau partai lokal berhasil ditetapkan  oleh perdasus, maka setidaknya tahun 2019 mendatang PPB menjadi peserta pemilu,”harapnya.[Christian Degei] 

Comment

Rekomendasi Berita