by

Lomba Desa Jangan Semata Mata Mengejar Target Juara

RADARINDONESIANEWS.COM,  GUNUNGKIDUL – Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari berlangsung sukses dan lancar, dihadiri Muspika, SKPD terkait dan masyarakat setempat, Selasa (20 /03 / 2018 )
Tak hanya menyiapkan semua kriteria penilaian, seperti administrasi Desa dan PKK, Dasa Wisma, Kebun PKK maupun Sarana Kesehatan masyarakat, acara seremonial acara pembukaan dikemas apik dengan menampilkan berbagai aksi kesenian yang ada di desa tersebut, hingga membawa kesan meriah sekaligus menghibur semua undangan yang hadir.
Dalam sambutannya, Sujoko, M.si selaku kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Keluarga Berencana PMD mengatakan bahwa Lomba Desa jangan semata-mata untuk mengejar target juara, melainkan evaluasi terwujudnya kemandirian desa sesuai dengan indikator pembangunan, diantaranya aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dalam pembangunan pemerintahan, serta kelembagaan kemasyarakatan.
Dikatakan Lomba desa juga merupakan salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan aparatur. Sinergi antara perangkat desa dengan masyarakat harus selalu dijaga dan ditingkatkan, agar semua program pembangunan yang telah disepakati dan direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Melalui forum rembug desa, masyarakat dibiasakan untuk sambung rasa, saling bertukar informasi dan menyerap aspirasi warga masyarakatnya secara bijak. “Kalau kebiasaan ini bisa rutin dilaksanakan, jalannya roda pemerintahan di Desa akan dapat berjalan lancar,” ujarnya.
Sementara itu Camat Tanjungsari , Rahmadian Wijayanto AP,M.si sangat mengapresiasi semangat pemerintah desa dan masyarakat Kemadang dalam mengikuti kegiatan lomba desa. Betapa tidak, Desa Kemadang merupakan desa wisata yang sering mendapat kunjungan dari beberapa daerah sepert Kalimantan, Riau , dan kabupaten lain untuk saling tukar pikiran. “Tim penilai bisa langsung membuktikannya nanti saat sesi penilaian, tentunya secara objektif. Namun bila saya pantau mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaan lomba desa, dari semua sisi penilaian saya raya Desa Kemadang sudah sangat layak dan lengkap,” katanya
Namun begitu Pak Camat yang dikenal kharismatik ini mengingatkan agar pemerintah Desa Kemadang tetap menyadari bahwa tujuan kegiatan lomba desa adalah untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi pada pemerintah desa beserta masyarakatnya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa yang akuntabel dan berkualitas.
Tak ketinggalan Kepala Desa Kemadang Sutono mengatakan bahwa juara bukanlah satu satunya tujuan dari keiikutsertaan desa Kemadang dalam ajang Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunungkidul 2018, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana kelanjutan program-program itu dapat dijadikan sebagai program bagi pemerintah desa dan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. sehingga hal itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
“Dalam hal ini kami senantiasa mendongkrak semangat dan aksi gotong-royong dalam keswadayaan dan partisipasi masyarakat. Semoga dari lomba desa ini akan mampu memunculkan daya dorong untuk kemajuan masyarakat Kemadang melalui beberapa sektor yang akan menciptakan sebuah moment untuk meciptakan efek berantai dan signifikan yang mendorong perkembangan desa kami kearah kemajuan,” harapnya.
Tak lupa Sutono mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat. Peran aktif oleh masyarakat, diakunya, menjadi salah satu hal penting, sehingga pelaksanaan penilaian lomba Desa dapat berjalan lancar dan sukses.
Selanjutnya Ismanto selaku anggota ketua BPD Desa Kemadang mengharapkan kepada pemerintah untuk mendorong percepatan penyelesaian tapal batas Desa ( ERNI.T )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + four =

Rekomendasi Berita