by

Lomba Maena Kreasi Baru Se- Kepulauan Nias Digelar Di Bozihona

Foto/S.Gulo/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Sebagai rangkaian Pesta YA’AHOWU di Kepulauan Nias lomba Maena kreasi Baru dilaksanakan di Pantai Bozihona Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias Sumatera Utara, Rabu (23/11)
Setelah acara pembukaan di Teluk Dalam, kabupaten Nias Selatan beberapa waktu lalu, yang dilanjutkan dengan pertandingan Voli pantai di Nias Utara dan pemilihan Putri Pariwisata di Pantai Sirombu Nias Barat serta acara penutupan di Kota Gunungsitoli yang menurut rencana dilaksanakan pada 26/11/2016.
Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM pada sambutannya menyampaikan bahwa Budaya Maena merupakan salah satu warisan nenek moyang masyarakat Nias, yang menggambarkan kebersamaan langkah dalam gerakan, tindakan dan sikap sehingga, budaya tersebut patut untuk di lestarikan serta di apresiasi oleh kita sebagai generasi, khususnya warga masyarakat Kepulauan Nias tentunya.
Bupati Nias lebih lanjut menyampaikan, bahwa masyarakat Kepulauan Nias sebagai bagian dari pengembangan pariwisata di wilayah ini maka, dalam hal membangun kepulauan Nias menjadi tujuan wisata adalah menjadi tanggung jawab bersama.
Selanjutnya mewakili Kepala Daerah se- Kepulauan Nias Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd menyampaikan bahwa dengan terlaksananya event Pesta Ya’ahowu dengan baik maka, hal tersebut sebagai bukti bahwa masyarakat Kepulauan Nias memiliki kemampuan dalam kebersamaan dan patut kita teruskan bersama sebagai alat untuk mempersatukan masyarakat Kepulauan Nias secara keseluruhan.
Pada pegelaran lomba Maena Kreasi Baru tersebut, pemerintah Kabupaten Nias keluar sebagai juara terbaik satu disusul pemerintah Kabupaten Nias Selatan di tempat kedua dan Pemkab Nias Utara di posisi ketiga, Pemkab Nias Barat dan terakhir Pemko Gunungsitoli terbaik kelima. (S.Gulo)

Comment